Pengaruh Pembelajaran IPA Terintegrasi Potensi Lokal Ukir Kayu dan Gerabah terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Kewirausahaan Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTs di Kabupaten Bantul

Dewi, Ika Putri Mawarni (2017) Pengaruh Pembelajaran IPA Terintegrasi Potensi Lokal Ukir Kayu dan Gerabah terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Kewirausahaan Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTs di Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ika-putri-mawarni-dewi-15708251018.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menganalisis pengaruh pembelajaran IPA terintegrasi potensi lokal ukir kayu dan gerabah terhadap keterampilan berpikir kritis dan sikap kewirausahaan peserta didik kelas VIII SMP/MTs, (2) menganalisis pengaruh pembelajaran IPA terintegrasi potensi lokal ukir kayu dan gerabah terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik, dan (3) menganalisis pengaruh pembelajaran IPA terintegrasi potensi lokal ukir kayu dan gerabah terhadap sikap kewirausahaan peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di MTs Negeri Piyungan dan MTs Al-Mahalli. Sampel dari penelitian di MTs Negeri Piyungan adalah kelas VIII A sebagai kelas kontrol (28 peserta didik) dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen (31 peserta didik). Sedangkan sampel dari penelitian di MTs Al-Mahalli adalah kelas VIII B sebagai kelas kontrol (30 peserta didik) dan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen (32 peserta didik). Instrumen untuk mengukur keterampilan berpikir kritis dengan menggunakan soal tes tertulis uraian yang berjumlah 20 soal, sedangkan instrumen untuk mengukur sikap kewirausahaan peserta didik dengan menggunakan angket dan lembar observasi yang diadaptasi dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan oleh Aries Anisa (2016). Analisis data menggunakan Manova dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran IPA terintegrasi potensi lokal ukir kayu dan gerabah terhadap keterampilan berpikir kritis dan sikap kewirausahaan peserta didik kelas VIII SMP/MTs, (2) terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran IPA terintegrasi potensi lokal ukir kayu dan gerabah terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran IPA terintegrasi potensi lokal ukir kayu dan gerabah terhadap sikap kewirausahaan peserta didik. Pembelajaran IPA terintegrasi potensi lokal ukir kayu dan gerabah di Kabupaten Bantul membuat peserta didik lebih aktif, lebih kritis, dan lebih antusias selama proses pembelajaran berlangsung, serta menjadikan pembelajaran IPA lebih bermakna dimana peserta didik lebih tertarik untuk mengenal dan memahami potensi lokal yang ada di sekitarnya sehingga keterampilan berpikir kritis dan sikap kewirausahaan peserta didik lebih tergali.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran IPA, potensi lokal, keterampilan berpikir kritis, sikap kewirausahaan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Oct 2017 04:46
Last Modified: 09 May 2019 08:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53523

Actions (login required)

View Item View Item