Nawangsih, Lucia Yuni (2017) Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendekatan Saintifik melalui Metode Project Based Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Keterampilan Komunikasi Siswa SD. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-lucia-yuni-nawangsih-15712251025.swf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan bahan ajar buku cerita bergambar berbasis pendekatan saintifik melalui metode project based learning yang memenuhi kriteria kelayakan; dan (2) mengetahui keefektifan bahan ajar buku cerita bergambar berbasis pendekatan saintifik melalui metode project based learning untuk meningkatkan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa SD. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikemukakan Borg & Gall, meliputi: pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk uji coba awal, uji coba utama, revisi produk uji coba utama, uji coba operasional, revisi produk uji operasional, dan deseminasi. Subjek uji coba awal adalah enam peserta didik kelas II SD N Serayu. Subjek uji coba utama adalah dua belas peserta didik kelas II SD Joannes Bosco. Subjek uji coba operasional pada kelas eksperimen sebanyak 27 peserta didik dari SD Negeri Serayu dan 23 peserta didik dari SD Joannes Bosco. Subjek uji coba operasional pada kelas control sebanyak 25 peserta didik dari SD Muhammadiyah Gendeng. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian produk buku cerita bergambar, angket respon guru, angket respon siswa, tes berpikir kritis, dan checklist keterampilan komunikasi. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test dan paired sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) telah dihasilkan bahan ajar buku cerita bergambar berbasis pendekatan saintifik melalui metode project based learning yang memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan validasi ahli bahasa dan ahli materi, FGD, serta respon guru dan siswa dengan kategori sangat baik; dan (2) bahan ajar buku cerita bergambar berbasis pendekatan saintifik melalui metode project based learning yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa. Berpikir kritis meningkat secara signifikan berdasarkan uji t berpasangan pada taraf signifikansi 0,05 (sig. (2 tailed) = 0,000 < α = 0,05). Keterampilan komunikasi meningkat secara signifikan berdasarkan uji t berpasangan pada taraf signifikaan 0,05 (sig. (2 tailed) = 0,00 < α = 0,05).
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku cerita bergambar, pendekatan saintifik, metode project based learning, berpikir kritis, keterampilan komunikasi. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 04:19 |
Last Modified: | 09 May 2019 08:20 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53518 |
Actions (login required)
View Item |