Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Geometri SMP.

Arisal, Arisal (2017) Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Geometri SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arisal-15709259001.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan instrumen penilaian autentik dalam pembelajaran geometri di SMP menghasilkan produk yang valid, reliabel dan praktis sehingga dapat membantu guru dalam melakukan penilaian kompetensi yang dicapai siswa. Penelitian pengembangan ini diadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall, yang meliputi langkah-langkah sebagai berikut (a) studi pendahuluan terdiri dari analisis kompetensi, pengamatan kelas (b) perencanaan produk terdiri dari penetapan kompetensi dan pemetaan teknik penilaian autentik (c) pengembangan produk yang terdiri dari penyusunan produk, validasi produk dan revisi (d) uji coba terbatas (e) revisi (f) uji coba lapangan dan (g) revisi sebagai produk akhir. Penelitian dan pengumpulan informasi dilakukan untuk telaah konsep berdasarkan kajian teori yang relevan. Validasi instrumen penilaian dilakukan untuk mengevaluasi kevalidan instrumen penilaian yang berupa butir instrumen autentik tertulis pengetahuan dan keterampilan. Validasi dilakukan pada tahap pengembangan produk awal oleh dua ahli pendidikan matematika. Uji coba empiris butir instrumen autentik tertulis pengetahuan dan keterampilan dilakukan dengan menggunakan uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Uji coba terbatas dilakukan pada 26 peserta didik SMP Negeri 3 Polewali. Uji coba lapangan dilakukan pada 168 peserta didik yang berasal dari SMP Negeri 3 Polewali. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: instrumen penilaian autentik berupa soal tertulis pengetahuan dan keterampilan yang terdiri dari 18 butir soal pilihan ganda. Hasil penilaian ahli pada aspek petunjuk, cakupan isi, dan bahasa pada soal tertulis pengetahuan dan keterampilan menunjukkan bahwa instrumen penilaian tersebut valid dan layak digunakan. Kevalidan instrumen dibuktikan dengan hasil penilaian ahli yang menunjukkan bahwa instrumen layak digunakan berdasarkan telaah aspek petunjuk, cakupan isi, dan bahasa. Instrumen tersebut juga telah memenuhi kriteria reliabel dengan koefisien reliabilitas soal tes tertulis sebesar 0,707 dengan SEM 1,903 dan instrumen penilaian autentik ini di kategorikan praktis karena berada pada kategori baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, instrumen, penilaian autentik, matematika SMP
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Oct 2017 04:12
Last Modified: 09 May 2019 08:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53517

Actions (login required)

View Item View Item