Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMK Menggunakan Teori Van Hiele Berorientasi pada Penalaran Spasial, Prestasi dan Minat Belajar Siswa

Lusyana, Evvy (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMK Menggunakan Teori Van Hiele Berorientasi pada Penalaran Spasial, Prestasi dan Minat Belajar Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-evvy-lusyana-15709251005.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan karakteristik perangkat pembelajaran matematika SMK menggunakan teori Van Hiele berorientasi pada penalaran spasial, prestasi dan minat belajar siswa, dan (2) menghasilkan perangkat pembelajaran matematika SMK menggunakan teori Van Hiele berorientasi pada penalaran spasial, prestasi dan minat belajar siswa yang layak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap, yaitu: (1) analysis yang mencakup analisis kebutuhan, analisis karakteristik siswa, dan analisis materi; (2) design; (3) development yang mencakup penyusunan produk pengembangan, validasi oleh ahli, dan revisi produk awal; (4) implementation mencakup uji coba produk; dan (5) evaluation. Instrumen penelitian terdiri dari: (1) lembar validasi RPP; (2) lembar validasi LKS; (3) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran; (4) lembar penilaian kepraktisan dari guru; (5) lembar penilaian kepraktisan dari siswa; (6) tes prestasi; (7) tes penalaran spasial; (8) angket minat belajar. Uji coba produk pengembangan dilakukan di SMK Negeri 2 Ngawi dengan melibatkan 2 guru mitra. Subjek penelitian yaitu 106 siswa dari 3 kelas teknik. Data yang dikumpukan dalam penelitian ini adalah: (1) data skor kelayakan produk yang ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan, dan (2) saran dari validator, siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika SMK menggunakan teori Van Hiele berorientasi pada penalaran spasial, prestasi, dan minat belajar layak digunakan serta dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran dinyatakan valid dengan skor rata-rata kevalidan RPP adalah 162 dan termasuk pada kategori valid. Skor rata-rata kevalidan LKS adalah 163 dan termasuk dalam kategori sangat valid. Perangkat dinyatakan praktis dengan: rata-rata skor penilaian guru terhadap kepraktisan perangkat adalah 95,5 dan termasuk dalam kategori praktis; rata-rata skor hasil penilaian siswa adalah 60,05 dan termasuk pada kategori praktis; persentase keterlaksanaan pembelajaran adalah >90%. Perangkat pembelajaran dinyatakan efektif karena 81,2% siswa mencapai KKM, persentase ketuntasan kemampuan penalaran spasial siswa mencapai 82%, dan 84% siswa yang mempunyai minat belajar dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran matematika SMK, teori Van Hiele, penalaran spasial, prestasi, minat belajar.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Oct 2017 03:39
Last Modified: 09 May 2019 08:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53513

Actions (login required)

View Item View Item