Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Polya Questioning Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Geometris Siswa Kelas VIII SMP

Hasanah, Rusi Ulfa (2017) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Polya Questioning Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Geometris Siswa Kelas VIII SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rusi-ulfah-hasanah-15709251078.swf

Download (20MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan multimedia interaktif berbasis pendekatan Polya Questioning Instruction (PQI) berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan ditinjau dari kemampuan penalaran geometris siswa kelas VIII SMP. Materi yang disajikan dalam multimedia interaktif ini adalah bangun ruang sisi datar. Produk pengembangan terdiri dari multimedia interaktif dilengkapi dengan RPP dan LKS. Menu multimedia interaktif terdiri dari kompetensi, materi, petunjuk, dan profil. Menu materi meliputi beberapa sub menu, yaitu unsur-unsur, luas permukaan, volume, problem A, dan problem B. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan tahapan meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.7 SMPN 5 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi dan ahli media, lembar penilaian guru, lembar respon siswa, dan soal tes kemampuan penalaran geometris. Produk pengembangan dikatakan efektif apabila persentase siswa yang memenuhi ketuntasan secara klasikal pada tes kemampuan penalaran geometris minimal mencapai 75%, dan proporsi siswa yang telah mencapai skor kemampuan penalaran geometris minimal kategori tinggi mencapai lebih dari atau sama dengan 75%. Produk pengembangan yang dihasilkan adalah multimedia interaktif berbasis pendekatan PQI dalam bentuk Adobe Flash yang dikemas dalam CD pembelajaran. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk pengembangan yang dikembangkan memenuhi kriteria valid baik dari aspek materi maupun media. Hasil uji coba produk menunjukkan bahwa produk pengembangan memenuhi kriteria praktis. Kriteria kepraktisan ini diperoleh dari penilaian guru yang menunjukkan bahwa produk pengembangan berada pada kategori sangat praktis, sedangkan dari penilaian siswa menunjukkan bahwa produk pengembangan berada pada kategori praktis. Hasil tes kemampuan penalaran geometris siswa menunjukkan produk pengembangan memenuhi kriteria keefektifan. Hal ini dikarenakan persentase siswa yang mencapai KKM pada tes kemampuan penalaran geometris adalah 75%. Berdasarkan uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh kesimpulan bahwa proporsi siswa mencapai kategori minimal tinggi lebih dari atau sama dengan 75%. Dengan demikian produk pengembangan berupa multimedia interaktif berbasis pendekatan PQI, RPP dan LKS yang dikembangkan peneliti memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, polya questioning instruction, kemampuan penalaran geometris.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Oct 2017 03:00
Last Modified: 09 May 2019 08:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53508

Actions (login required)

View Item View Item