PENGARUH LATIHAN SHADOW MENGGUNAKAN LANGKAH BERURUTAN DAN LANGKAH BERSILANGAN TERHADAP KELINCAHAN FOOTWORK ATLET BULUTANGKIS PB. WIRATAMA JAYA YOGYAKARTA

Muthiarani, Ahiriah (2017) PENGARUH LATIHAN SHADOW MENGGUNAKAN LANGKAH BERURUTAN DAN LANGKAH BERSILANGAN TERHADAP KELINCAHAN FOOTWORK ATLET BULUTANGKIS PB. WIRATAMA JAYA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Ahiriah Muthiarani_13602241080.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan shadow dengan langkah berurutan dan langkah bersilangan terhadap kelincahan footwork atlet PB Wiratama Jaya Yogyakarta, mengetahui perbedaan pengaruh latihan shadow dengan langkah berurutan dan langkah bersilangan dalam meningkatkan kelincahan footwork atlet PB Wiratama Jaya Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan menggunakan desain penelitian two group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet PB Wiratama Jaya Yogyakarta yang berjumlah 34 atlet. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sample dan sample berjumlah 22 atlet putra. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes rangkaian olah kaki yang dikemukakan oleh Tohar. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, ada pengaruh latihan shadow langkah berurutan terhadap kelincahan footwork atlet PB Wiratama Jaya Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya nilai t sebesar -4,5 dengan signifikansi hitung sebesar 0,001 < 0,05 pada uji paired sample t test terhadap data pre-test dan post-test shadow langkah berurutan. Kedua, ada pengaruh latihan shadow langkah bersilangan terhadap kelincahan footwork atlet PB Wiratama Jaya Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya nilai t sebesar -4,667 dengan signifikansi hitung sebesar 0,001 < 0,05 pada uji paired sample t test terhadap data pre-test dan post-test shadow langkah bersilangan. Dan yang ketiga tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara latihan shadow langkah berurutan dan shadow langkah bersilangan dalam peningkatan kelincahan footwork atlet PB Wiratama Jaya Yogyakarta. Hal ini berdasarkan data yang diperoleh dari nilai t sebesar -1,387 dengan signifikansi sebesar 0,181 > 0,05 pada uji independent sample t test.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hadow Langkah Berurutan, Shadow Langkah Bersilangan, Kelincahan
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Oct 2017 01:23
Last Modified: 30 Jan 2019 15:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53499

Actions (login required)

View Item View Item