Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Anak Usia 5-6 Tahun Berbasis Pengarusutamaan Gender Di Lab School “Rumah Citta” Eccd-Rc, Yogyakarta.

Sejati, Yasa Griya (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Anak Usia 5-6 Tahun Berbasis Pengarusutamaan Gender Di Lab School “Rumah Citta” Eccd-Rc, Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yasa-griya-sejati-15717251017.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis pengarusutamaan gender, (2) menghasilkan produk perangkat pembelajaran berbasis pengarusutamaan gender yang layak digunakan, dan (3) mengetahui hasil implementasi pengarusutamaan gender dalam perangkat pembelajaran di PAUD ECCD-RC, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) Borg & Gall. Subyek penelitian adalah guru kelasnya yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 dan anak didik usia 5-6 tahun di Lab School “Rumah Citta” ECCD-RC, Yogyakarta. Uji coba terbatas di TK B Fullday (5 anak), uji coba lapangan di TK B Ceria (10 anak), uji operasional di TK B Hore (15 anak), diseminasi dan implementasi di seluruh populasi Lab School. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Validasi data menggunakan expert judgment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan perangkat pembelajaran dikembangkan dengan memperhatikan analisis kebutuhan perkembangan anak. Setelah menganalisis kebutuhan, peneliti mendapat kesimpulan bahwa anak usia 5-6 tahun sesuai dan tepat untuk diberikan stimulasi pada aspek perkembangan gendernya. Dilihat dari analisis setiap tugas perkembangan yang dicapai pada usia 5-6 tahun berkaitan dengan perkembangan bahasa, sosial emosional dan kognitifnya yang sudah matang, terstruktur dan logis dinyatakan sesuai dan tepat. (2) Hasil produk perangkat pembelajaran layak untuk digunakan menurut Judgement maupun uji coba, masing-masing komponen perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria kelayakan yaitu memperoleh nilai A atau berkategori “sangat baik” dari dosen ahli materi, ahli perangkat, ahli media dan kepala sekolah. Hasil produk perangkat pembelajaran adalah persentase 88,8 % (uji terbatas), 94,4 % (uji lapangan luas) dan 100% (uji operasional), sehingga memiliki kriteria “sangat baik”. (3) Hasil implementasi menunjukkan bahwa pendidik menyetujui penggunaan perangkat pembelajaran dan anak menyukai kegiatan pembelajaran dengan hasil respon pendidik dan anak didik menghasilkan persentase agreement rata-rata 90,66 % dan kategori rata-rata “setuju

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran berbasis pengarusutamaan gender, pendidikan anak usia 5-6 tahun, pengarusutamaan gender di PAUD.
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Oct 2017 01:46
Last Modified: 09 May 2019 08:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53498

Actions (login required)

View Item View Item