Pengembangan Instrumen Tes Multiple Representation untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis

Damarsari, Dimas Gigih (2017) Pengembangan Instrumen Tes Multiple Representation untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dimas-gigih-damarsari-15728251021.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan karakteristik instrumen pengukuran kemampuan berpikir kritis berbasis multiple representation materi kesetimbangan kimia kelas XI SMA, (2) menganalisis kualitas instrumen pengukuran kemampuan berpikir kritis berbasis multiple representation materi kesetimbangan kimia kelas XI SMA, (3) menyelidiki kelayakan instrumen pengukuran berpikir kritis berbasis multiple representation materi kesetimbangan kimia kelas XI SMA, dan (4) mendeskripsikan profil kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA di Kota Salatiga yang diukur dengan instrumen tes materi kesetimbangan kimia berbasis multipel rerpresentasi. Pengembangan instrumen tes mengadopsi model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel & Semmel meliputi tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Desain uji coba produk terdiri dari validasi produk dan uji coba instrumen tes. Subjek uji coba penelitian meliputi 10 guru kimia SMA dan 437 peserta didik kelas XI. Produk diimplementasikan pada 148 peserta didik kelas XI. Implementasi produk meliputi pengukuran profil kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan representasi kimia peserta didik kelas XI SMA Kota Salatiga. Analisis data kualitas produk menggunakan pemodelan PCM, sementara analisis data kelayakan dan profil kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan analisis kriteria penilaian ideal. Hasil penelitian menunjukan karakteristik instrumen tes yang dikembangkan terdiri dari 33 butir soal uraian materi kesetimbangan kimia berbasis multiple representation meliputi aspek makroskopik, submikroskopik, simbolik, dan matematis. Instrumen tes yang dikembangkan memiliki validitas tinggi, reliabilitas tes sangat bagus, dan tingkat kesukaran sedang. Hasil analisis tinjauan reviewer, instrumen tes yang dikembangkan dikategorikan sangat layak. Profil kemampuan berpikir kritis dikategorikan rendah. Indikator kemampuan berpikir kritis yang dicapai peserta didik dari tertinggi ke terendah yaitu penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, analisis, interpretasi, inferensi, dan klasifikasi mendalam

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: instrumen pengukuran, berpikir kritis, multiple representation, kesetimbangan kimia
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Oct 2017 01:36
Last Modified: 09 May 2019 08:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53497

Actions (login required)

View Item View Item