Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Web Terintegrasi dengan Video Conference untuk Meningkatkan Public Speaking mahasiswa EFL

Supitasari, Mei (2017) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Web Terintegrasi dengan Video Conference untuk Meningkatkan Public Speaking mahasiswa EFL. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mei-supitasari-15707251003.swf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul pembelajaran berbasis Web terintegrasi dengan video conference untuk meningkatkan kemampuan Public Speaking mahasiswa EFL, (2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran berbasis Web terintegrasi dengan video conference untuk meningkatkan kemampuan Public Speaking mahasiswa EFL dan (3) mengetahui kebermanfaatan modul pembelajaran berbasis Web terintegrasi dengan video conference untuk meningkatkan kemampuan Public Speaking mahasiswa EFL. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian dan pengembangan (R&D). Model pengembangan mengacu pada model Allesi & Trollip (2001). Tahapan penelitian yang dilakukan terdiri dari tiga tahap, yaitu: (a) perencanaan, (b) perancangan, dan (c) pengembangan yang dilengkapi dengan beberapa atribut komponen mencakup standards, ongoing evaluation dan project management. Atribut pengembangan tersebut berfungsi untuk mengontrol setiap tahap proses pengembangan. Selanjutnya, pengujian produk terdiri dari uji alpha dan uji beta. Uji alpha telah dilakukan oleh tiga ahli materi dan dua ahli media. Uji beta telah dilakukan melalui dua tahap, yaitu uji beta pertama terhadap 6 siswa dan uji coba beta kedua dari 30 mahasiswa tahun pertama di program Pendidikan Bahasa Inggris. Data didapatkan melalui kuesioner analisis kebutuhan, ahli materi, ahli media serta penilaian kemampuan public speaking. Akhirnya, data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penemuan dari penelitian ini adalah (1) modul pembelajaran berbasis Web menggunakan video conference untuk meningkatkan kemampuan public speaking dikembangkan berdasarkan kebutuhan mahasiswa yang meliputi target needs dan learning needs, serta menghasilkan beberapa komponen yakni; Welcoming Page, Preface, Web-Based Learning Instruction, Content Materials, Instructional Activities (live streaming, videoconferencing, educational videos, quizzes and discussion forum), Reflection dan References. (2) Produk ini dikategorikan pada kategori “sangat baik”. Berdasarkan uji alpha, produk ini mendapatkan rerata skor 3,6 dari ahli materi dan 3,7 dari ahli media. Selanjutnya, hasil pengujian beta memperoleh rerata skor 3,4 dari pengujian beta pertama dan hasil uji beta kedua memperoleh 3,2 yang dikategorikan "sangat baik". (3) Produk ini juga memberi dampak yang baik untuk meningkatkan kemampuan public speaking yang memiliki perubahan dengan signifikasi Medium-g. Dengan demikian, modul pembelajaran berbasis Web terintegrasi dengan video conference dapat digunakan sebagai media pembelajaran tambahan yang baik bagi mahasiswa EFL.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modul pembelajaran berbasis web, public speaking, videoconference
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Oct 2017 01:18
Last Modified: 09 May 2019 08:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53493

Actions (login required)

View Item View Item