KEADAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI TAHUN 2017 DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN BANJARNEGARA JAWA TENGAH

Rizal, Mukhammad (2017) KEADAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI TAHUN 2017 DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN BANJARNEGARA JAWA TENGAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi_M. Rizal_12601241047.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kesesuaian sarana dan prasarana pendidikan jasmani tahun 2017 di SMA Negeri se Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah dengan Peratutan Menteri Pendidikan Nasional No. 24 Tahun 2007. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah statistik deskriptif kuantitatif. Adapun metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah survei dengan lembar observasi. Subjek penelitian ini adalah Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah yang berjumlah 8 sekolah. Objek penelitian berupa sarana dan prasarana pendidikan jasmani yang meliputi peralatan, perkakas, dan fasilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadaan sarana pendidikan jasmani di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah memiliki persentase kesesuaian yang berbeda-beda. Dari delapan SMA Negeri se Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah tidak terdapat satupun sekolah yang mencapai persentase kesesuaian 100% dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 24 Tahun 2007. Adapun sekolah yang mencapai persentase kesesuaian tertinggi yaitu sebesar 73,91% dan persentase kesesuaian terendah yaitu 26,08%. Dari keseluruhan sarana dan prasarana ada beberapa item yang perlu mendapat perhatian dari masing-masing sekolah dikarenakan tidak ada satupun sekolah yang dapat memenuhi batas minimal yang harus dimiliki yaitu item tali loncat, bola plastik, tongkat senam, palang tunggal, dan gelang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sarana dan prasarana, pendidikan jasmani, SMA Negeri
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Oct 2017 01:22
Last Modified: 30 Jan 2019 15:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53492

Actions (login required)

View Item View Item