Keefektifan Pendekatan Open-Ended dengan Strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Ditinjau Dari Prestasi Belajar dan Rasa Ingin Tahu Siswa SMP dan MTs

Kurniawan, April (2017) Keefektifan Pendekatan Open-Ended dengan Strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Ditinjau Dari Prestasi Belajar dan Rasa Ingin Tahu Siswa SMP dan MTs. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-apri-kurniawan-15709251088.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah pendekatan Open-Ended dengan strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) efektif ditinjau dari prestasi belajar dan rasa ingin tahu siswa SMP dan MTs. Pendekatan open-ended yaitu pendekatan pembelajaran dengan memberikan soal terbuka yaitu soal yang memiliki lebih dari satu cara untuk menyelesaikan atau memiliki lebih dari satu jawaban benar dengan langkah-langkah pembelajaran menggunakan strategi TAPPS, yaitu (1) pembentukan pasangan, (2) pemberian masalah open-ended, (3) penyelesaian masalah, (4) presentasi, dan (5) penarikan kesimpulan. Penelitian ini adalah penelitian quasi-eksperiment dengan desain penelitian menggunakan One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kuwarasan, Kebumen, Jawa Tengah dan kelas VIII MTs Negeri Gombong, Kebumen, Jawa Tengah yang masing-masing terdiri atas 7 kelas dengan sampel penelitian yaitu kelas VIII C di SMP dan kelas VIII A di MTs yang masing-masing kelas diberi perlakuan yang sama yaitu pembelajaran menggunakan pendekatan Open-Ended dengan strategi TAPPS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal berbentuk pilihan ganda untuk mengukur prestasi belajar dan angket untuk mengukur rasa ingin tahu siswa. Pendekatan Open-Ended dengan strategi TAPPS dikatakan efektif apabila nilai rata-rata posttest prestasi belajar dan skor rasa ingin tahu siswa lebih baik dari pretest, nilai rata-rata prestasi belajar lebih dari 75, dan skor rata-rata rasa ingin tahu siswa lebih dari 100 dari skor maksimum 150, serta lebih dari 75% siswa yang mencapai KKM dan masuk dalam kriteria tinggi untuk rasa ingin tahu. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa pendekatan Open-Ended dengan setting TAPPS efektif untuk siswa SMP dan MTs ditinjau dari prestasi belajar dan rasa ingin tahu siswa Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah pendekatan Open-Ended dengan strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) efektif ditinjau dari prestasi belajar dan rasa ingin tahu siswa SMP dan MTs. Pendekatan open-ended yaitu pendekatan pembelajaran dengan memberikan soal terbuka yaitu soal yang memiliki lebih dari satu cara untuk menyelesaikan atau memiliki lebih dari satu jawaban benar dengan langkah-langkah pembelajaran menggunakan strategi TAPPS, yaitu (1) pembentukan pasangan, (2) pemberian masalah open-ended, (3) penyelesaian masalah, (4) presentasi, dan (5) penarikan kesimpulan. Penelitian ini adalah penelitian quasi-eksperiment dengan desain penelitian menggunakan One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kuwarasan, Kebumen, Jawa Tengah dan kelas VIII MTs Negeri Gombong, Kebumen, Jawa Tengah yang masing-masing terdiri atas 7 kelas dengan sampel penelitian yaitu kelas VIII C di SMP dan kelas VIII A di MTs yang masing-masing kelas diberi perlakuan yang sama yaitu pembelajaran menggunakan pendekatan Open-Ended dengan strategi TAPPS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal berbentuk pilihan ganda untuk mengukur prestasi belajar dan angket untuk mengukur rasa ingin tahu siswa. Pendekatan Open-Ended dengan strategi TAPPS dikatakan efektif apabila nilai rata-rata posttest prestasi belajar dan skor rasa ingin tahu siswa lebih baik dari pretest, nilai rata-rata prestasi belajar lebih dari 75, dan skor rata-rata rasa ingin tahu siswa lebih dari 100 dari skor maksimum 150, serta lebih dari 75% siswa yang mencapai KKM dan masuk dalam kriteria tinggi untuk rasa ingin tahu. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa pendekatan Open-Ended dengan setting TAPPS efektif untuk siswa SMP dan MTs ditinjau dari prestasi belajar dan rasa ingin tahu siswa

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan open-ended, thinking aloud pair problem solving (TAPPS), prestasi belajar, rasa ingin tahu siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Oct 2017 01:12
Last Modified: 09 May 2019 08:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53491

Actions (login required)

View Item View Item