Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Berorientasi pada Pemahaman Konsep, Metode dan Sikap Matematika

Ni'mah, Atik Lutfi Ulin (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Berorientasi pada Pemahaman Konsep, Metode dan Sikap Matematika. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-atik-lutfi-ulin-nimah-15709251013.swf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika menggunakan pendekatan matematika realistik berorientasi pada pemahaman konsep, metode dan sikap matematika dengan kualitas baik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Kualitas hasil pengembangan ditentukan berdasarkan kriteria Nieveen yaitu valid, praktis dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian adalah 29 siswa yang berasal dari kelas VIII J SMP Negeri 15 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, tes pemahaman konsep matematika, tes metode matematika, dan angket sikap matematika. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika menggunakan pendekatan matematika realistik berorientasi pada pemahaman konsep, metode matematika dan sikap matematika siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa RPP dan LKS yang dikembangkan valid dengan kategori baik dengan skor RPP adalah 146,3 dan skor LKS adalah 114. RPP dan LKS yang dikembangkan praktis. Dengan kepraktisan mencapai kategori sangat baik berdasarkan penilaian guru dengan rata-rata skor adalah 31,5, kategori baik berdasarkan penilaian siswa dengan rata-rata skor adalah 51,66, dan kategori baik berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan persentase kegiatan guru 88% dan kegiatan siswa adalah 86%. Sedangkan untuk keefektifan mencapai kategori efektif berdasarkan pemahaman konsep matematika, metode matematika dan sikap matematika. Persentase siswa yang tuntas pada tes pemahaman konsep matematika adalah 93%, sedangkan pada tes metode matematika adalah 97%. Total skor angket sikap matematika akhir lebih dari total skor angket sikap matematika awal yaitu untuk awal adalah 3498 dan akhir adalah 4293. Dan persentase siswa yang mencapai kategori minimal tinggi adalah 96%

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, pemahaman konsep, metode matematika, sikap matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Oct 2017 00:57
Last Modified: 09 May 2019 08:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53487

Actions (login required)

View Item View Item