PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SRANDAKAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Palupi, Sari Rumanti (2017) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SRANDAKAN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi_13803241100_Sari Rumanti Palupi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Srandakan Tahun Ajaran 2016/2017. (2) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Srandakan Tahun Ajaran 2016/2017. (3) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Srandakan Tahun Ajaran 2016/2017. (4) Pengaruh Kemandirian Belajar, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, dan Perhatian Orang Tua secara bersamasama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Srandakan Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini adalah Ex-post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 49 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Srandakan. Data dikumpulkan dengan dokumentasi dan angket. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel Kemandirian Belajar, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, dan Perhatian Orang Tua yang telah diuji validitas dan relibilitasnya, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data variabel Prestasi Belajar Akuntansi. Uji prasyarat analisis yang dilakukan meliputi uji linearitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis pertama, kedua, dan ketiga menggunakan analisis regresi sederhana dan uji hipotesis keempat menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Srandakan Tahun Ajaran 2016/2017 dibuktikan dengan 0,348 dan r2 x1y 0,121. (2) Terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Srandakan Tahun Ajaran 2016/2017 dibuktikan dengan 0,323 dan r2 x2y 0,104. (3) Terdapat pengaruh positif Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Srandakan Tahun Ajaran 2016/2017 dibuktikan dengan 0,325 dan r2 x3y 0,106. (4) Terdapat pengaruh positif Kemandirian Belajar, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Srandakan Tahun Ajaran 2016/2017 dibuktikan dengan 0,398 dan R2 y(1,2,3) 0,158.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 20 Oct 2017 08:25
Last Modified: 30 Jan 2019 15:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53467

Actions (login required)

View Item View Item