Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Advance Organizer untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMA

Anandita, Aulia Silvia (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Advance Organizer untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-aulia-silvina-anandita-15726251034.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran fisika model advance organizer yang layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan komunikasi matematis peserta didik SMA, (2) mengetahui bagaimanakah pemanfaatan perangkat pembelajaran fisika model advance organizer untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan komunikasi matematis peserta didik SMA, dan (3) mengetahui seberapa besar nilai effect size perangkat pembelajaran fisika model advance organizer untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan komunikasi matematis. Penelitian menggunakan metode R&D dengan model 4D yang meliputi tahap (1) define (analisis kebutuhan pembelajaran), (2) design (perancangan draft produk), (3) develop (penilaian ahli dan praktisi, uji coba produk, revisi produk), dan (4) disseminate (penyebarluasan produk akhir). Produk perangkat pembelajaran fisika model advance organizer yang dikembangkan ini terdiri dari silabus, RPP, handout, media pembelajaran (slide powerpoint), dan LKPD. Subjek uji coba terbatas terdiri atas 31 peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Mlati. Subjek uji coba lapangan pada kelas eksperimen terdiri atas 32 peserta didik kelas X MIPA 2 dan pada kelas kontrol terdiri atas 30 peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 1 Mlati. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar penilaian perangkat pembelajaran, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar penilaian kemampuan literasi sains dan komunikasi matematis dan angket respon peserta didik terhadap perangkat pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, analisis N-Gain, uji statistik multivariat Hotelling’s T2 dan analisis effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan perangkat pembelajaran fisika model advance organizer: (1) layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan komunikasi matematis dengan kategori sangat baik berdasarkan penilaian ahli dan praktisi serta respon peserta didik, (2) bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan komunikasi matematis peserta didik SMA, dan (3) nilai analisis effect size adalah f = 0,625 terhadap kemampuan literasi sains dan f = 0,342 terhadap kemampuan komunikasi matematis

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran model advance organizer, kemampuan literasi sains, kemampuan komunikasi matematis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Oct 2017 04:39
Last Modified: 04 Dec 2023 04:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53465

Actions (login required)

View Item View Item