Pengembangan Modul Berbasis Geoheritage Gunung Api Purba Nglanggeran dengan Pendekatan Problem-Based Learning (PBL) untuk Mengembangkan Sikap Berpikir Kritis dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X di SMA N 2 Playen

Hidriya, Hajrah (2017) Pengembangan Modul Berbasis Geoheritage Gunung Api Purba Nglanggeran dengan Pendekatan Problem-Based Learning (PBL) untuk Mengembangkan Sikap Berpikir Kritis dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X di SMA N 2 Playen. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hajrah-hidriya-15725251031.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan modul berbasis geoheritage Gunung Api Purba Nglanggeran yang layak digunakan dalam pembelajaran biologi untuk siswa SMA, dan (2) mengetahui keefektifan modul tersebut terhadap sikap berpikir kritis dan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X SMA. Penelitian ini adalah research and development (R&D) yang mengacu pada metode yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Pelaksanaan penelitian terdiri dari 10 langkah yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan penelitian, (3) pengembangan produk, (4) validasi ahli dan praktisi, (5) revisi validasi ahli dan praktisi, (6) uji coba terbatas, (7) revisi uji coba terbatas, (8) uji coba lebih luas, (9) revisi uji coba lebih luas, dan (10) desiminasi produk akhir. Subjek uji coba terbatas terdiri dari 23 siswa kelas X IPA I dan uji coba lebih luas terdiri dari 23 siswa kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan 31 siswa kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan pedoman lembar penilaian produk pengembangan, lembar pengamatan sikap berpikir kritis, tes kemampuan memecahkan masalah, dan angket respon siswa. Analisis data menggunakan uji Manova dengan taraf signifikansi 0,05 untuk mengetahui perbedaan hasil pengembangan sikap berpikir kritis dan kemampuan memecahkan masalah kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul berbasis geoheritage Gunung Api Purba Nglanggeran yang diintegrasikan dengan model Problem- Based Learning (PBL) layak digunakan dalam pembelajaran biologi untuk siswa SMA dengan kategori sangat baik.Penggunaan modul tersebut dapat mengembangkan sikap berpikir kritis dengan nilai rata-rata sebesar 2,90 dalam kategori sedang dan kemampuan memecahkan masalah siswa dengan nilai gain 0,59 dengan kategori sedang. Terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol pada taraf signifikansi 0,000<0,05

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Modul, Geoheritage, Gunung Api Purba Nglanggeran, Problem- Based Learning (PBL), Sikap Berpikir Kritis dan Kemampuan Memecahkan Masalah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Oct 2017 04:15
Last Modified: 09 May 2019 08:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53462

Actions (login required)

View Item View Item