PERBANDINGAN KUALITAS BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) DAN NON-BSE PADA MATA PELAJARAN FISIKA UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN SCIENCE TEXTBOOK RATING SYSTEM (STRS) DILIHAT DARI ASPEK FISIK BUKU, PENDEKATAN INSTRUKSIONAL DAN BANTUAN UNTUK GURU

Isty Putri, Nibras and Ruwanto, Bambang (2017) PERBANDINGAN KUALITAS BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) DAN NON-BSE PADA MATA PELAJARAN FISIKA UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN SCIENCE TEXTBOOK RATING SYSTEM (STRS) DILIHAT DARI ASPEK FISIK BUKU, PENDEKATAN INSTRUKSIONAL DAN BANTUAN UNTUK GURU. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_NIBRAS ISTY PUTRI_12302241023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menelaah kualitas BSE serta Non-BSE fisika, selanjutnya mendeskripsikan perbedaan kualitas BSE dan Non-BSE Fisika khususnya pada aspek fisik buku, pendekatan instruksional dan bantuan untuk guru berdasarkan instrumen yang merujuk pada STRS. Desain penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis) secara kuantitatif dengan pendekatan evaluatif yang bersifat komparatif. Subjek buku dalam penelitian ini adalah satu BSE fisika dan tiga buku non-BSE fisika dari penerbit yang berbeda dengan kode subjek NB 1, NB 2, dan NB 3. Penelitian ini menganalisis buku pada aspek fisik buku, pendekatan instruksional dan bantuan untuk guru. Instrumen penelitian merujuk pada instrumen karya Collette.T Alfred &Chiappetta L. Collette yaitu Science Textbook Rating System yang dimuat dalam buku berjudul Science Instruction in the Middle and Secondary Schools yang telah dimodifikasi oleh Jumanto. Pembuatan instrumen penilaian buku disertai dengan deskripsi di setiap kriteria dan modifikasi yang diperlukan. Analisis data untuk mengetahui perbedaan dilakukan dengan statistik non parametrik menggunakan uji Chi Kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen STRS memenuhi kriteria untuk mendeskripsikan kualitas buku teks BSE dan Non-BSE. Hasil pengujian menggunakan uji Chi Kuadrat menunjukkan tidak ada perbedaan kualitas yang signifikan dari keempat buku yang ditelaah. Hal ini dilihat dari hasil Chi Kuadrat masing-masing kriteria lebih kecil daripada nilai Chi Kuadrat pada tabel.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kualitas, BSE, non-BSE, buku teks
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 23 Oct 2017 02:20
Last Modified: 30 Jan 2019 15:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53459

Actions (login required)

View Item View Item