Pengembangan Instrumen Evaluasi Model CIPP Pada Penilaian Portofolio IPA Peserta Didik SMP

Riyanti, Riyanti (2017) Pengembangan Instrumen Evaluasi Model CIPP Pada Penilaian Portofolio IPA Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-riyanti-15708251017.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan instrumen evaluasi model CIPP pada penilaian portofolio IPA yang valid, reliabel dan praktis, 2) mengetahui hasil evaluasi penerapan penilaian portofolio IPA, 3) menghasilkan rekomendasi untuk penerapan penilaian portofolio IPA. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) dengan mengacu model pengembangan 4D yang dipadukan dengan model pengembangan instrumen nontes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar validasi, angket dan lembar observasi. Subjek coba pada penelitian ini adalah peserta didik dan guru IPA kelas 7 SMPN 1 Tempel dan SMPN 2 Pajangan. Analisis validitas isi instrumen menggunakan Formula V Aiken, dengan melibatkan 9 validator. Reliabilitas instrumen dianalisis dengan menggunakan interclass correlation coeffisients (ICC). Kepraktisan instrumen, keterampilan proses sains peserta didik dan hasil evaluasi penerapan portfolio assessment untuk mengukur keterampilan proses sains peserta didik dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan kriteria standar baku yang dikategorisasi. Penelitian ini menghasilkan instrumen evaluasi model CIPP pada penilaian portofolio IPA peserta didik yang valid, reliabel dan praktis. Validitas instrumen ditunjukkan oleh koefisien V Aiken instrumen antara 0,82 sampai dengan 1. Koefisien reliabilitas instrumen evaluasi ini adalah 0,951 untuk instrumen angket dan 0,961 untuk instrumen lembar observasi. Kepraktisan instrumen dalam kategori praktis dengan skor rata-rata 3,59. Hasil evaluasi komponen context, input, process dan product menunjukkan bahwa penilaian portofolio IPA peserta didik masuk kategori baik. Berdasarkan hasil evaluasi, penilaian portofolio IPA hendaknya dilanjutkan dan disebarluaskan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: instrumen evaluasi model CIPP, portfolio assesment, metode inkuiri, science process skills
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Oct 2017 03:36
Last Modified: 09 May 2019 08:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53456

Actions (login required)

View Item View Item