Efektivitas Penggunaan Modul Ajar Sensor dan Aktuator pada Mahasiswa Teknik Otomotif Prodi Diluar Domisili (PDD) Politeknik Negeri Malang.

Dewi, Sukhma Kusuma (2017) Efektivitas Penggunaan Modul Ajar Sensor dan Aktuator pada Mahasiswa Teknik Otomotif Prodi Diluar Domisili (PDD) Politeknik Negeri Malang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sukhma-kusuma-dewi-15702251020.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan ada tidaknya perbedaan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah sensor dan aktuator yang menggunakan modul ajar dengan yang tidak menggunakan modul ajar mahasiswa teknik otomotif Prodi Diluar Domisili (PDD) Politeknik Negeri Malang. Penelitian quasi eksperimen ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Stephen Isaac, dkk. Desain penelitian ini adalah Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design dengan menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Treatment diberikan pada kelompok eksperimen berupa penggunaan modul ajar sensor dan aktuator dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian terdiri dari 41 mahasiswa teknik otomotif di PDD Kabupaten Trenggalek (kelompok eksperimen) dan 41 mahasiswa teknik otomotif di PDD Kabupaten Bojonegoro (kelompok kontrol). Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, angket penilaian mahasiswa terhadap modul ajar dan wawancara tidak terstruktur untuk refleksi dosen terhadap modul ajar. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian mahasiswa terhadap modul ajar sensor dan aktuator masuk klasifikasi “baik”. Hasil wawancara dengan dosen menyebutkan bahwa penggunaan modul ajar masih kurang maksimal. Rata-rata nilai post-test pada kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Sehingga terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen setelah menggunakan modul ajar dengan sig 0,00.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modul ajar, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Oct 2017 03:15
Last Modified: 09 May 2019 08:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53454

Actions (login required)

View Item View Item