Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA dan MA di Kabupaten Tegal pada Penyelesaian Soal Model PISA Berdasarkan Tahapan Polya

Arfiana, Ayu (2017) Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA dan MA di Kabupaten Tegal pada Penyelesaian Soal Model PISA Berdasarkan Tahapan Polya. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ayu-arfiana-15709251002.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dan mengidentifikasi jenis kesalahan yang dilakukan siswa SMA dan MA di Kabupaten Tegal pada penyelesaian soal model PISA berdasarkan Tahapan Polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMA dan MA di Kabupaten Tegal. Sampel penelitian sebesar 389 siswa kelas X dari 12 sekolah ditentukan dengan perpaduan teknik stratified random sampling dan cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes dengan memanfaatkan soal model PISA yang berjumlah 12 butir pertanyaan jenis uraian (estimasi reliabilitas sebesar 0,668). Analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan memeriksa jawaban dan menghitung skor siswa dalam menyelesaikan soal model PISA untuk mengetahui kategori kemampuan pemecahan masalah siswa. Sementara itu, pada analisis data kualitatif dibahas empat jenis kesalahan yaitu kesalahan pemahaman, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan menafsirkan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa SMA dan MA di Kabupaten Tegal pada penyelesaian soal model PISA berdasarkan Tahapan Polya berada pada kategori rendah. Kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari indikator memahami masalah berada pada kategori rendah, pada indikator merencanakan pemecahan dan menafsirkan jawaban berada pada kategori sangat rendah. Sementara itu, pada indikator melaksanakan rencana berada pada kategori sedang. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan siswa terbanyak pada penyelesaian soal model PISA dalam penelitian ini adalah kesalahan menafsirkan jawaban dan kesalahan paling sedikit adalah kesalahan pemahaman.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Soal Model PISA, Tahapan Polya
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Oct 2017 02:49
Last Modified: 09 May 2019 08:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53451

Actions (login required)

View Item View Item