Pengembangan Soal Open-ended Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMP

Subhan, Subhan (2017) Pengembangan Soal Open-ended Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-subhan-15709259016.swf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan soal open-ended untuk mengukur kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa SMP pada mata pelajaran matematika yang valid dan reliabel, dan (2) mengukur kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa SMP kelas VII dalam menyelesaikan soal open-ended. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang ditetapkan oleh McIntire & Miller. Langkah-langkah pengembangan dalam penelitian ini adalah (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan produk, (3) penyusunan item soal, (4) revisi produk awal, (5) uji coba terbatas, (6) revisi produk uji coba terbatas, (7) uji coba lapangan, (8) analisis butir soal, (9) pengembangan norma acuan, (10) revisi butir soal yang kurang baik, dan (11) hasil pengembangan soal. Uji coba lapangan dilakukan pada 103 siswa yang berasal dari tiga sekolah yang ada di Kabupaten Cirebon, yang mewakili dari sekolah dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar validasi dan instrumen soal open-ended. Instrumen tes divalidasi dengan teknik expert judgment yaitu meminta pertimbangan ahli terkait dengan validitas isi. Kemudian untuk reliabilitas tes dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Penelitian ini menghasilkan soal open-ended untuk mengukur kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa SMP kelas VII pada materi segiempat dan segitiga, yang meliputi kisi-kisi soal, 10 butir soal uraian, kunci jawaban, dan rubrik pensekoran. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk soal yang dikembangkan dinyatakan valid dan koefisien reliabilitas tes sebesar 0,89. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, pemberian soal open-ended mampu menghasilkan jawaban siswa yang beragam. Pada sekolah dengan kategori tinggi, rata-rata kemampuan penalaran berada pada nilai 46,06 (kategori cukup), dan rata-rata kemampuan komunikasi matematis berada pada nilai 47,92 (kategori cukup), selanjutnya untuk sekolah dengan kategori sedang, rata-rata kemampuan penalaran berada pada nilai 37,75 (kategori kurang), dan rata-rata kemampuan komunikasi matematis berada pada nilai 45,40 (kategori cukup), dan untuk sekolah dengan kategori rendah, rata-rata kemampuan penalaran berada pada nilai 35,73 (kategori kurang), dan rata-rata kemampuan komunikasi matematis berada pada nilai 38,64 (kategori kurang) dalam skala 100.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Open-ended problems, Penalaran, dan Komunikasi Matematis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Oct 2017 02:42
Last Modified: 09 May 2019 08:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53450

Actions (login required)

View Item View Item