HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SEMESTER GENAP SMA NEGERI 91 DI JAKARTA TIMUR TAHUN AJARAN 2005/ 2006

Retno, Purwaningsih (2010) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SEMESTER GENAP SMA NEGERI 91 DI JAKARTA TIMUR TAHUN AJARAN 2005/ 2006. S1 thesis, UNY.

[img] Text
HUBUNGAN_ANTARA_PERSEPSI_SISWA_TENTANG_KOMPETENSI.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan terhadap siswa SMA Negeri 91 di Jakarta Timur Tahun Ajaran 2005/2006 kelas XI IPA semester genap yang bertujuan untuk menemukan; (1) ada tidaknya hubungan yang positif dan bermakna antara persepsi siswa tentang kompetensi guru kimia dengan prestasi belajar kimia siswa apabila motivasi belajar kimia dikendalikan, (2) ada tidaknya hubungan yang positif dan bermakna antara motivasi belajar kimia dengan prestasi belajar kimia siswa apabila persepsi siswa tentang kompetensi guru kimia dikendalikan, dan (3) ada tidaknya hubungan yang positif dan bermakna anta,a persepsi siswa tentang kompetensi guru kimia dan motivasi belajar kimia dengan prestasi belajar kimia siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 91 di Jakarta Timur tahun ajaran 2005/2006 kelas XI IPA semester genap dengan jumlah siswa 150 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 dengan jumlah 75 siswa, dan sebagai kelas kontrol adalah siswa kelas XI IPA 1 dengan jumlah 40 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket persepsi siswa tentang kompetensi guru kimia, angket r.lotivasi belajar kimia, dan soal prestasi belajar kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1).ada hubungan yang positif dan bermakna antara persepsi siswa tentang kompetensi guru kimia 3engan prestasi belajar kimia siswa apabila motivasi betajar kimia dikendalikan dengan koefisien korelasi parsial (ry,_2) sebesar 0,297 (p<0,01) dan sumbangan efektif (SE) sebesar 11,702%. (2).ada hubungan yang positif dan bermakna antara motivasi belajar kimia dcngan prestasi bclajar kimia siswa anabila persepsi siswa tentang kompetensi guru kimia dikendalikan dengan koefisien korelasi parsial (ryl_2) sebesar 0,560 (p<O,OI) dao sumbangan efektif (SE) sebesar 34,816%. (3).ada hubungan yang positif dan bermakna antara persepsi siswa tentang kompetensi guru kimia dan motivasi belajar kimia terhadap prestasi belajar kimia siswa dengan koefisien korelasi dua prediktor R,, (,,2) sebesar 0,682 (p<0,05) dan sumbangan efektif total sebesar 46,518%

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Jurusan Kimia
Date Deposited: 12 Sep 2012 15:05
Last Modified: 29 Jan 2019 16:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5345

Actions (login required)

View Item View Item