Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Ganda Pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Kulon Progo

Shahroni, Mashud (2017) Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Ganda Pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Kulon Progo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mashud-shahroni-15703254010.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan sistem penerimaan peserta didik sistem ganda pada SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo, dan (2) mendeskripsikan mekanisme seleksi dalam penerimaan peserta didik sistem ganda pada SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Data dikumpulkan melalui wawancara dan studi dokumen. Keabsahan data diperoleh melalui uji credibility, uji dependability, dan uji confirmability. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari data collection, data condensation, data display, dan conclusion. Hasil penelitian menunjukkan: (1) penerimaan peserta didik baru sistem ganda dilakukan mengacu peraturan dari Dinas Pendidikan Kulon Progo untuk sistem online dan kebijakan sekolah untuk sistem offline. Penerimaan peserta didik baru sistem online dan offline dilaksanakan oleh panitia yang sama. Sosialisasi tidak menginformasikan secara rinci sistem yang dipakai. Peserta didik tidak memahami mekanisme pendaftaran secara online. Seleksi pada sistem online berdasarkan rangking nilai akhir peserta didik sedangkan pada sistem offline tidak berlaku seleksi karena untuk pemenuhan daya tampung. Pendaftaran ulang tidak dilakukan pada sistem offline karena langsung diterima. Penerimaan peserta didik sistem offline dilakukan sampai kegiatan belajar mengajar berjalan untuk pemenuhan daya tampung. Sekolah mengubah jumlah peserta didik tiap rombongan belajar agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan. (2) Sistem seleksi pada penerimaan peserta didik baru SMA negeri di Kabupaten Kulon Progo berbeda antara sistem online dan offline. Pada sistem online, seleksi menggunakan metode merangking nilai ujian nasional ditambah nilai prestasi calon peserta didik. Kriteria seleksi adalah daya tampung sekolah. Tahapan seleksi terdiri dari dua tahapan yaitu pertama seleksi berkas kemudian seleksi nilai akhir. Seleksi berkas untuk memverifikasi berkas administrasi calon peserta didik. Seleksi nilai akhir untuk menentukan calon peserta didik diterima atau tidak diterima. Pada penerimaan peserta didik baru sistem offline tidak diberlakukan seleksi. Semua calon peserta didik yang mendaftar akan diterima sampai daya tampung optimal. Penentuan peserta didik diterima atau tidak pada sistem offline berdasarkan waktu pendaftaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: peserta didik, penerimaan peserta didik baru, seleksi peserta didik
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Oct 2017 02:26
Last Modified: 09 May 2019 08:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53448

Actions (login required)

View Item View Item