Analisis Kesulitan Guru Matematika SMP dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah di Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Ihsan, M (2017) Analisis Kesulitan Guru Matematika SMP dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-m-ihsan-15709259005.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami guru matematika SMP Kabupaten Hulu Sungai Selatan dalam penulisan karya tulis ilmiah dan mendeskripsikan penyebab kesulitan guru matematika SMP Kabupaten Hulu Sungai Selatan dalam penulisan karya tulis ilmiah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian descriptive dengan pendekatan survey. Populasi penelitian ini adalah guru matematika SMP di Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang sudah diangkat menjadi pegawai negeri sipil yang berjumlah sebanyak 64 orang. Sampel penelitian diambil dengan cara sebagai berikut : semua guru matematika yang terdapat pada SMP yang dipilih untuk mewakili SMP daerah kota kecamatan dan mewakili SMP daerah pedesaan kecamatan diambil menjadi sampel. Apabila terdapat lebih dari tiga orang guru matematika pada SMP tersebut, maka diambil maksimal tiga orang guru matematika. Jumlah sampel sebanyak 32 orang guru matematika. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisa data yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan guru dalam penulisan karya tulis ilmiah masuk kategori sedang dengan persentase sebesar 66,78 %. Persentase ini diperoleh dari rata-rata persentase jenis karya tulis ilmiah hasil penelitian sebesar 64,42 % dan dari rata-rata persentase jenis artikel ilmiah sebesar 69,13 %. Untuk karya tulis ilmiah jenis hasil penelitian, kesulitannya secara umum terdapat pada aspek peyusunan proposal penelitian. Kesulitan utamanya adalah terdapat pada bagian pendahuluan dalam menentukan masalah penelitian, mengidentifikasi masalah, membatasi masalah dan merumuskan masalah. Pada bagian kajian teori terdapat dalam mencari referensi/sumber bacaan, mencari penelitian relevan, merumuskan kerangka pikir, dan merumuskan pertanyaan penelitian. Pada bagian metodologi penelitian, kesulitannya terdapat dalam menentukan jenis penelitian dan menentukan teknik analisis data. Untuk karya tulis ilmiah jenis artikel ilmiah, kesulitannya secara keseluruhan terdapat pada topik, judul, prosedur penulisan, penggunaan kutipan, jurnal, serta sarana dan prasarana. Penyebab kesulitan guru dalam penulisan karya tulis ilmiah disebabkan oleh karya tulis ilmiah jenis hasil penelitian dan jenis artikel ilmiah hasil penelitian. Untuk karya tulis ilmiah jenis hasil penelitian, penyebab kesulitan secara umum terdapat pada aspek pelaporan hasil penelitian. Penyebab kesulitan utamanya terdapat pada sistematika penulisan dan ketatabahasaan. Untuk karya tulis ilmiah jenis artikel ilmiah hasil penelitian, penyebab kesulitan secara keseluruhan terdapat pada jurnal, seminar, serta terkait dengan pengiriman artikel.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Guru Matematika SMP, Penulisan Karya Tulis Ilmiah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Oct 2017 02:19
Last Modified: 09 May 2019 08:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53447

Actions (login required)

View Item View Item