Anggraini, Yeni Indira (2017) Pengembangan Modul Multimedia Interaktif Berbasis Context Rich Problem untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Grafik Kinematika dan Diagram Benda Bebas Peserta Didik. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-yeni-indira-anggraini-15726251005.swf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kelayakan modul multimedia interaktif berbasis context rich problem ditinjau dari aspek materi dan media, (2) mengetahui tanggapan peserta didik terhadap modul multimedia interaktif berbasis context rich problem dan (3) mengetahui pengaruh modul multimedia interaktif berbasis context rich problem terhadap kemampuan representasi grafik kinematika dan diagram benda bebas peserta didik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, dan Evaluate). Uji coba awal dan uji coba lapangan dilakukan di SMAN 2 Yogyakarta. Subjek uji coba awal adalah 14 peserta didik kelas X IPA. Subjek uji coba lapangan sebanyak 27 peserta didik kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan 30 peserta didik kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Kelayakan materi dan media dinilai oleh dosen dan guru fisika dan kualitas modul diketahui pada uji coba awal dan uji coba lapangan berdasarkan tanggapan peserta didik. Skor pretes dan postes pada uji coba lapangan digunakan untuk mengetahui pengaruh modul. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian kelayakan materi, penilaian kelayakan media, respon peserta didik, dan instrumen tes kemampuan grafik kinematika yang tediri dari 4 soal uraian (reliabiltas tes sebesar 0,62) dan diagram benda bebas yang terdiri dari 4 soal uraian (reliabilitas tes sebesar 0,61). Analisis kelayakan modul dengan konversi skor rata-rata, analisis pengaruh modul terhadap masing-masing kemampuan representasi dengan ANAKOVA dan terhadap kemampuan representasi secara bersamaan dengan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan jika modul multimedia interaktif berbasis context rich problem: (1) dinyatakan “Sangat Layak” dengan rerata skor 4,40 pada aspek materi dan “Sangat Layak” dengan rerata skor 4,70 pada aspek media, (2) “Sangat Baik” dengan rerata skor 3,45 berdasarkan tanggapan dari peserta didik pada uji coba awal dan “Baik” dengan rerata skor 3,00 berdasarkan tanggapan peserta didik pada uji coba lapangan; (3) memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan representasi grafik kinematika yang dibuktikan dengan nilai Sig. (0,00) lebih kecil dari nilai signifikansi (0,05), memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan representasi digram benda bebas dengan nilai Sig. (0,00) lebih kecil dari nilai signifikansi (0,05), dan memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan representasi grafik kinematika dan diagram secara simultan dengan nilai Sig. (0,00) lebih kecil dari 0,05
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | context rich problem, modul, multimedia interaktif, grafik kinematika, diagram benda bebas. |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 20 Oct 2017 02:02 |
Last Modified: | 09 May 2019 08:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53444 |
Actions (login required)
View Item |