Dewi, Ajeng Rahayu Tresna (2017) Pengaruh Pola Asuh dan Keterlibatan Orang Tua dalam Bidang Pendidikan Terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-ajeng-rahayu-tresna-dewi-15717251035.swf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengaruh pola asuh dan keterlibatan orang tua dalam bidang pendidikan terhadap perilaku sosial emosional anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua dan anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Kecamatan Cipicung dengan sampel yang diambil dari seluruh populasi. Data dikumpulkan melalui angketdan observasi. Analisis menggunakan analisis regresi ganda dengan bantuan SPSS 20.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) orang tua di Kecamatan Cipicung menerapkan pola asuh authoritative, hal ini ditunjukkan dengan persentase sebesar 84,66 % artinya 127 orang tua lebih menerapkan pola asuh authoritative; 2) pola asuh authoritative berpengaruh signifikan terhadap perilaku sosial emosional anak dengan signifikansi 0,000 (p<0,05); 3) pola asuh authoritarian berpengaruh signifikan terhadap perilaku sosial emosional anak dengan signifikansi 0,000 (p<0,05); 4) pola asuh indulgent tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku sosial emosional anak dengan signifikansi 0,866 (p> 0,05) 5) pola asuh indifferent tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku sosial emosional anak dengan signifikansi 0,121 (p> 0,05); 6) keterlibatan orang tua berpengaruh signifikan terhadap perilaku sosial emosional anak dengan signifikansi 0,000 (p<0,05); dan 7) pola asuhauthoritative, authoritarian, indulgent, indifferent dan keterlibatan orang tua secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap perilaku sosial emosional anak dengan signifikansi 0,000 (p<0,05) dengan koefisien determinasi sebesar 0,543 artinya pola asuh authoritative, authoritarian, indulgent, indifferentdan keterlibatan orang tua secara bersama-sama berpengaruh sebesar 54,3 % terhadap perilaku sosial emosional anak
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh, Keterlibatan Orang Tua, Perilaku Sosial Emosional |
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 20 Oct 2017 01:42 |
Last Modified: | 09 May 2019 08:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53442 |
Actions (login required)
View Item |