Pengaruh Pola Asuh dan Keterlibatan Orang Tua dalam Bidang Pendidikan Terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan

Dewi, Ajeng Rahayu Tresna (2017) Pengaruh Pola Asuh dan Keterlibatan Orang Tua dalam Bidang Pendidikan Terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ajeng-rahayu-tresna-dewi-15717251035.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengaruh pola asuh dan keterlibatan orang tua dalam bidang pendidikan terhadap perilaku sosial emosional anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua dan anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Kecamatan Cipicung dengan sampel yang diambil dari seluruh populasi. Data dikumpulkan melalui angketdan observasi. Analisis menggunakan analisis regresi ganda dengan bantuan SPSS 20.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) orang tua di Kecamatan Cipicung menerapkan pola asuh authoritative, hal ini ditunjukkan dengan persentase sebesar 84,66 % artinya 127 orang tua lebih menerapkan pola asuh authoritative; 2) pola asuh authoritative berpengaruh signifikan terhadap perilaku sosial emosional anak dengan signifikansi 0,000 (p<0,05); 3) pola asuh authoritarian berpengaruh signifikan terhadap perilaku sosial emosional anak dengan signifikansi 0,000 (p<0,05); 4) pola asuh indulgent tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku sosial emosional anak dengan signifikansi 0,866 (p> 0,05) 5) pola asuh indifferent tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku sosial emosional anak dengan signifikansi 0,121 (p> 0,05); 6) keterlibatan orang tua berpengaruh signifikan terhadap perilaku sosial emosional anak dengan signifikansi 0,000 (p<0,05); dan 7) pola asuhauthoritative, authoritarian, indulgent, indifferent dan keterlibatan orang tua secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap perilaku sosial emosional anak dengan signifikansi 0,000 (p<0,05) dengan koefisien determinasi sebesar 0,543 artinya pola asuh authoritative, authoritarian, indulgent, indifferentdan keterlibatan orang tua secara bersama-sama berpengaruh sebesar 54,3 % terhadap perilaku sosial emosional anak

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Keterlibatan Orang Tua, Perilaku Sosial Emosional
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Oct 2017 01:42
Last Modified: 09 May 2019 08:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53442

Actions (login required)

View Item View Item