Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Team Games Tournament (TGT) Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Tk Usia 4-5 Tahun

Sari, Lita Purnama (2017) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Team Games Tournament (TGT) Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Tk Usia 4-5 Tahun. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lita-purna-sari-15717251005.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap keterampilan Motorik Kasar anak usia 4-5 Tahun, (2) pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 tahun, dan (3) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Team Games Tournament (TGT) terhadap Keterampilan Motorik Kasar anak Usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi penelitian ini adalah 27 Taman Kanak-kanak di Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Sampel penelitian sebanyak 11Taman Kanak-kanak, dengan teknik pengambilan sampel sampling purposive. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan angket . Analisis data menggunakan analisis regresi linier ganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap motorik kasar dengan signifikansi 0,000 (p<0,05) artinya Student Teams Achievement Division (STAD) dapat memprediksikan motorik kasar anak usia 4-5 tahun; (2) Team Games Tournament (TGT) berpengaruh terhadap motorik kasar dengan signifikansi 0,033 (p<0,05), artinya Team Games Tournament (TGT) dapat memprediksikan motorik kasar anak usia 4-5 tahun; (3) Student Teams Achievement Division (STAD) dan Team Games Tournamen) (TGT) berpengaruh terhadap motorik kasar dengan signifikansi 0,000 (p<0,05) artinya Student Teams Achievement Division (STAD) dan Team Games Tournament (TGT) secara bersama-sama dapat memprediksikan motorik kasar anak usia 4-5 tahun. Student Teams Achievement Division (STAD) dan Team Games Tournament (TGT) memberikan sumbangan efektif sebesar 87,59% terhadap motorik kasar

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Student Teams Achievement Division (STAD), Team Games Tournament (TGT), Motorik Kasar
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Oct 2017 01:35
Last Modified: 09 May 2019 08:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53441

Actions (login required)

View Item View Item