ANALISIS KESULITAN BERHITUNG SISWA-SISWA SMK DIPONEGORO DEPOK PADA TAHUN AJARAN 2016/2017

Mulyani, Jihan Ulya and Murdanu, Murdanu (2017) ANALISIS KESULITAN BERHITUNG SISWA-SISWA SMK DIPONEGORO DEPOK PADA TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, UNY.

[img] Text
abstrak.docx

Download (34kB)
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan berhitung siswasiswa kelas X di SMK Diponegoro Depok. Kesulitan berhitung dideteksi berdasarkan kesalahan berhitung yang dilakukan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi (kuantitatif dan kualitatif) dengan desain penelitian concurrent triangulation design, strategi penelitian yang digunakan studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu siswa-siswa jurusan teknik sepeda motor dan tata busana kelas: X PTSM, X TSM, X TB 1, dan X TB 2 di SMK Diponegoro Depok Yogyakarta tahun pelajaran 2016/2017 yang mengalami kesulitan berhitung dalam menyelesaikan persoalan matematika. Data kuantitatif dikumpulkan dari penelusuran kesalahan-kesalahan berhitung yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan persoalan tes diagnostik. Sedangkan data kualitatif mengenai sebab-sebab kesalahan berhitung dikumpulkan dari hasil wawancara. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan dilakukan triangulasi antara data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian berdasarkan tes diagnostik siswa jurusan teknik sepeda motor dan tata busana memperoleh nilai dibawah KKM 75. Ketidakmampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan mengindikasikan bahwa siswa mengalami kesalahan dalam berhitung. Tingkat kesalahan siswa jurusan teknik sepeda motor dalam menjawab persoalan tes diagnostik yaitu sejumlah 23,08%, sedangkan pada jurusan tata busana sejumlah 42,38%. Kesalahan yang ditemukan diantaranya; (1) kesalahan simbol, (2) kesalahan nilai tempat, (3) kesalahan konsep berhitung, (4) kesalahan proses menghitung yang keliru, (5) kesalahan prinsip berhitung, (6) kesalahan pengoperasian dua bilangan bulat sederhana, (7) kesalahan pemberian jawaban yang tidak tuntas, dan (8) kesalahan penulisan soal/jawaban yang keliru.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tes diagnostik, kesulitan berhitung, kesalahan berhitung, concurrent triangulation design
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 25 Oct 2017 01:20
Last Modified: 30 Jan 2019 15:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53426

Actions (login required)

View Item View Item