PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SDN ADISUCIPTO 02

Hakim, Lukmanul (2017) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SDN ADISUCIPTO 02. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Lukmanul Halkim_10105244024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengembangkan media video pembelajaran untuk mengembangkan karakter disiplin. (2) mengetahui kelayakan media video pembelajaran untuk diterapkan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau dikenal Research and Development (R & D). Teknik yang digunakan untuk pengambilan data dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, dan observasi. Analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Adisucipto 02 sebanyak 22 siswa. Hasil penelitian menujukkan bahwa: penilaian ahli materi memperoleh skor rata-rata (4,9) dan termasuk dalam kategori sangat layak, penilaian ahli media memperoleh skor rata-rata (4,7) dan termasuk kategori sangat layak, uji coba perorangan memperoleh skor rata-rata (4,5) dan termasuk kategori sangat layak, uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata-rata (3,9) dan termasuk kategori layak, uji coba lapangan memperoleh skor rata-rata (4,18) dan termasuk kategori sangat layak dan segi keefektifan media video karakter disiplin berdsarkan tes kedisiplinan menujukkan kategori siswa yang sudah melaksanakan kedisiplinan dengan baik sebanyak 19 dari 22 siswa (86,37%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, media video, karakter disiplin
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Oct 2017 02:12
Last Modified: 30 Jan 2019 15:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53424

Actions (login required)

View Item View Item