Pengaruh Permainan Sains Terhadap Kemampuan Berpikir Logis dan Keterampilan Berbicara Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Sragen

Poppyariyana, Alfian Ashshidiqi (2017) Pengaruh Permainan Sains Terhadap Kemampuan Berpikir Logis dan Keterampilan Berbicara Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Sragen. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-alfian-ashshidiqi-poppyariyana-15717251018.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh permainan sains terhadap kemampuan berpikir logis anak kelompok B di TK Negeri Pembina Sragen, dan 2) pengaruh permainan sains terhadap keterampilan berbicara anak pada kelompok B di TK Negeri Pembina Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan sasaran anak kelompok B di TK Negeri Pembina Sragen. Subjek penelitian sebanyak 45 anak, terdiri atas 22 anak sebagai kelompok eksperimen dan 23 anak sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan permainan sains, sedangkan kelompok kontrol diberi perlakuan ceramah. Pengumpulan data menggunakan tes lisan dan lembar observasi. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes lisan dan lembar observasi pada saat sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan diuji dengan statistik uji-t untuk melihat perbedaan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan: 1) ada pengaruh yang sangat signifikan dari pembelajaran sains terhadap kemampuan berfikir logis anak pada kelompok B di TK Negeri Pembina Sragen. Nilai signifikansi sebesar 0,000 dengan perbedaan rerata sebesar 6,99. 6) ada pengaruh yang sangat signifikan dari pembelajaran sains terhadap keterampilan berbicara anak pada kelompok B di TK Negeri Pembina Sragen. Nilai signifikansi sebesar 0,000 dengan perbedaan rerata sebesar 6,13. Hasil tersebut menunjukkan bahwa permainan sains berpengaruh terhadap kemampuan berpikir logis dan keterampilan berbicara pada anak

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: permainan sains, kemampuan berpikir logis, keterampilan berbicara
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:55
Last Modified: 09 May 2019 08:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53422

Actions (login required)

View Item View Item