Hubungan Antara Persepsi terhadap Layanan Bimbingan Belajar, Minat Belajar, Manajemen Diri dengan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMP Negeri 10 Yogyakarta

Saputra, Ari Andika (2017) Hubungan Antara Persepsi terhadap Layanan Bimbingan Belajar, Minat Belajar, Manajemen Diri dengan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMP Negeri 10 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-andika-ari-saputra-15713251039.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hubungan antara persepsi terhadap layanan bimbingan belajar dengan kemandirian belajar, (2) hubungan antara minat belajar dengan kemandirian belajar, (3) hubungan antara manajemen diri dengan kemandirian belajar, (4) hubungan antara persepsi terhadap layanan bimbingan belajar dan minat belajar dengan kemandirian belajar, (5) hubungan antara persepsi terhadap layanan bimbingan belajar dan manajemen diri dengan kemandirian belajar, (6) hubungan antara minat belajar dan manajemen diri dengan kemandirian belajar, (7) hubungan antara persepsi terhadap layanan bimbingan belajar, minat belajar, manajemen diri dengan kemandirian belajar, dan (8) sumbangan persepsi terhadap layanan bimbingan belajar, minat belajar, manajemen diri terhadap kemandirian belajar peserta didik SMP Negeri 10 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dan expose facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Negeri 10 Yogyakarta yang berjumlah 507 orang. Sampel sejumlah 253 peserta didik ditentukan dengan teknik proportional stratified random sampling. Variabel yang diteliti yaitu persepsi terhadap layanan bimbingan belajar (X1), minat belajar (X2), manajemen diri (X3), dan kemandirian belajar (Y). Metode pengumpulan data menggunakan skala (inventori), alatnya berupa skala persepsi terhadap layanan bimbingan belajar, skala minat belajar, skala manajemen diri dan skala kemandirian belajar. Uji validitas dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 22 for windows. Uji reliabilitas dengan menggunakan teknik cronbach’s alpha, diperoleh p = 0,743 untuk variabel persepsi terhadap layanan bimbingan belajar, p = 0,740 untuk variabel minat belajar, p = 0,740 untuk variabel manajemen diri, dan p = 0,744 untuk variabel kemandirian belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial dengan program SPSS 22 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara : (1) persepsi terhadap layanan bimbingan belajar dengan kemandirian belajar sebesar 0,873, angka probabilitas Ts 5% yaitu 0,000 (p<0,05); (2) minat belajar dengan kemandirian belajar sebesar 0,327, angka probabilitas Ts 5% yaitu 0,000 (p<0,05); (3) manajemen diri dengan kemandirian belajar sebesar 0,864, angka probabilitas Ts 5% yaitu 0,000 (p<0,05); (4) persepsi terhadap layanan bimbingan belajar dan minat belajar dengan kemandirian belajar sebesar 0,877, angka probabilitas Ts 5% yaitu 0,000 (p<0,05); (5) persepsi terhadap layanan bimbingan belajar dan manajemen diri dengan kemandirian belajar sebesar 0,926, angka probabilitas Ts 5% yaitu 0,000 (p<0,05); (6) minat belajar dan manajemen diri dengan kemandirian belajar sebesar 0,871, angka probabilitas Ts 5% yaitu 0,000 (p<0,05); (7) persepsi terhadap layanan bimbingan belajar, minat belajar, manajemen diri dengan kemandirian belajar sebesar 0,928, angka probabilitas Ts 5% yaitu 0,000 (p<0,05); dan (8) sumbangan persepsi terhadap layanan bimbingan belajar, minat belajar, manajemen diri terhadap kemandirian belajar peserta didik SMP Negeri 10 Yogyakarta sebesar 86,1%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: persepsi, layanan bimbingan belajar, minat belajar, manajemen diri, dan kemandirian belajar
Subjects: Pendidikan > Konseling
Divisions: Program Pascasarjana > Program Pasca Sarjana: Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 19 Oct 2017 03:58
Last Modified: 19 Oct 2017 03:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53417

Actions (login required)

View Item View Item