Analisis Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Pada Kegiatan Praktikum Mahasiswa S-1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Yogyakarta

Hardiyanti, Rini (2017) Analisis Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Pada Kegiatan Praktikum Mahasiswa S-1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rini-hardiyanti-14725251038.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penguasaan keterampilan proses sains yang dimiliki mahasiswa FMIPA Program Studi S-1 Pendidikan Biologi UNY melalui kegiatan praktikum (2) mendeskripsikan sikap ilmiah mahasiswa FMIPA Program Studi S-1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Yogyakarta, dan (3) mengetahui kendala yang dihadapi dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah pada kegiatan praktikum. Penelitian ini merupakan penelitian observasi. Penelitian ini dilaksanakan dilabolatorium FMIPA Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Biologi. Sampel penelitian ini yaitu mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Yogyakarta pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 95 mahasiswa. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan angket. Data pada penelitian ini dinalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penguasan keterampilan proses sains yang dimiliki mahasiswa S-1 Pendidikan Biologi UNY melalui kegiatan praktikum (laboratory work) menggambarkan penguasaan keterampilan proses sains yang cukup memadai dan optimal dan tergolong pada tingkatan inquiry level 1 yaitu confirmation inquiry, sehingga kegiatan praktikum yang dilakukan perlu ditingakatkan; (2) sikap ilmiah yang dimiliki mahasiswa S1 Pendidikan Biologi UNY pada ke-5 aspek sikap ilmiah mencerminkan sikap ilmiah yang tergolong pada kategori sangat baik dan baik yang mencerminkan bahwa indikator-indikator sikap ilmiah tersebut sudah menjadi kebiasan yang dilakukan praktikan saat bekerja; dan (3) kendala yang dihadapi dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah pada kegiatan praktikum antara lain: 1) partisipasi dan peran aktif mahasiswa itu sendiri untuk melibatkan dirinya secara utuh pada kegiatan praktikum, 2) prosedur kerja dan pelaksanaan kegiatan praktikum yang masih terstruktur dengan resep yang sudah tersedia sehingga kurang memberikan peluang bagi praktikan untuk mengembangkan keterampilan proses sains secara mandiri dan kreatif kearah penyelidikan, 3) proses penilaian praktikum yag masih terfokus pada aspek kognitif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kegiatan praktikum, keterampilan proses sains, sikap ilmiah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Oct 2017 03:46
Last Modified: 09 May 2019 08:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53414

Actions (login required)

View Item View Item