Pengaruh Pendekatan Kemanusiaan (Human Approach) dan Pendekatan STSE terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Hasil Belajar Siswa kelas X Muhammadiyah Boarding School

Madina, Zachrona (2017) Pengaruh Pendekatan Kemanusiaan (Human Approach) dan Pendekatan STSE terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Hasil Belajar Siswa kelas X Muhammadiyah Boarding School. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-zachrona-medina-14725251034.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh penerapan Human Approach dan Pendekatan STSE terhadap sikap peduli lingkungan dan (2) mengetahui pengaruh penerapan Human Approach dan Pendekatan STSE terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Quasi-Experimental Research dengan menggunakan Pre-test and Post-test Non-ekuivalen Multiple Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Muhammadiyah Boarding School. Sampel penelitian adalah kelas XC sebanyak 25 siswa sebagai kelas eksperimen pertama yang menggunakan Human Approach dan kelas XD sebanyak 25 siswa sebagai kelas eksperimen kedua yang menggunakan Pendekatan STSE. Data hasil penelitian sikap peduli lingkungan diperoleh dari hasil observasi saat proses pembelajaran berlangsung, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dari pretes dan postes. Instrumen penelitian berupa lembar observasi sebanyak 10 item dan soal pretes-postes sebanyak 5 soal uraian. Analisis butir soal dengan menggunakan metode perhitungan dan perbandingan nilai rhitung terhadap nilai rtabel Pearson Product Moment dan hasilnya validitas semua butir soal menunjukkan nilai signifikansi nilai r tabel(n-2) sebesar 0,361. Sedangkan reliabilitas menggunakan metode Alpha Cronbach dengan koefesien Alpha Cronbach ≥ 0.60 yakni 0.651 dan 0.663. Hipotesis penelitian untuk sikap peduli lingkungan dianalisis menggunakan ANOVA sedangkan hipotesis penelitian untuk hasil belajar siswa dianalisis menggunakan ANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh antara pendekatan pembelajaran terhadap sikap peduli lingkungan dilihat dari perbedaan rerata antara Human Approach yakni 5,84 dan Pendekatan STSE yakni 6,04 dan (2) ada pengaruh signifikansi antara pendekatan pembelajaran terhadap hasil belajar siswa antara Human Approach dan Pendekatan STSE dilihat dari nilai signifikansi LSD sebesar 0.001.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Kemanusiaan (Human Approach), Pendekatan STSE, Sikap Peduli Lingkungan, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Oct 2017 03:40
Last Modified: 09 May 2019 08:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53413

Actions (login required)

View Item View Item