Pengembangan Modul PBL Berbasis Android Menggunakan Pendekatan Analogi untuk Meningkatkan Kreativitas Berdasarkan Pola Berpikir Divergen Siswa SMA

Yuningsih, Yuningsih (2017) Pengembangan Modul PBL Berbasis Android Menggunakan Pendekatan Analogi untuk Meningkatkan Kreativitas Berdasarkan Pola Berpikir Divergen Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yuningsih-15725251028.swf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kualitas kelayakan modul analogipedia yang dikembangkan sebagai bahan ajar pada materi ekosistem untuk siswa kelas X SMA, 2) keterlaksanaan model PBL berdasarkan pendekatan analogi yang dikembangkan dalam modul analogipedia pada materi ekosistem kelas X SMA, dan 3) keefektifan penggunaan modul analogipedia terhadap kreativitas siswa kelas X SMA. Penelitian pengembangan ini mengikuti langkah-langkah penelitian Design and Development Research oleh Richey & Klein. Desain pengembangan tersebut meliputi: a) analysis, b) design, c) development, dan d) evaluation. Subyek uji coba terbatas merupakan 31 siswa SMA N 1 Bantul kelas XI. Subyek uji lapangan terdiri dari 88 siswa untuk kelas eksperimen dan 87 siswa untuk kelas kontrol. Seluruh siswa tersebut berasal dari siswa kelas X SMA N 1 Jetis, SMA N 2 Bantul, dan SMA N 1 Sewon. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket untuk menjaring data respon siswa terhadap penilaian modul dan instrumen berupa soal tes open ended questions untuk mengetahui kreativitas siswa. Teknik validasi instrumen melibatkan validasi isi oleh ahli materi dan ahli pembelajaran, dan validasi empiris menggunakan program QUEST yang didasarkan pada besarnya rata-rata nilai INFIT MNSQ pada batas kisaran 0.77 hingga 1.30. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test pada taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengembangan modul analogipedia dinilai dari kelayakan subtansi/materi oleh ahli materi memperoleh hasil dengan kategori sangat baik, dinilai dari konstruksi oleh ahli pembelajaran memperoleh kategori sangat baik, dinilai oleh peer reviewer dengan kategori sangat baik, dinilai oleh guru biologi dengan kategori sangat baik, dan dinilai oleh siswa dengan kategori baik. 2) model PBL dengan pendekatan analogi sebagaimana yang dikembangkan dalam modul analogipedia terlaksana dengan baik, dengan persentase kegiatan awal sebesar 100%, kegiatan inti 100%, dan kegiatan penutup 95.75%, dan 3) terdapat perbedaan hasil tes kreativitas siswa yang menggunakan modul analogipedia dengan siswa yang menggunakan LKPD. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil uji-t diperoleh taraf signifikansi sebesar 0.043, yang artinya modul analogipedia signifikan meningkatkan kreativitas siswa SMA kelas X. Perbedaan juga ditunjukkan dari peningkatan hasil tes kreativitas sebesar 96.48% pada kelas eksperimen, sedangakan pada kelas kontrol meningkat sebesar 85.24%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modul ekosistem, android, PBL, pendekatan analogi, kreativitas
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Oct 2017 03:22
Last Modified: 09 May 2019 08:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53412

Actions (login required)

View Item View Item