Pengembangan Macromedia Flash Insert Video Berbasis Inquiry Training Untuk Meningkatkan Generic Life Skill Aspek Kecakapan Berpikir Rasional dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sajad

Wardani, Wardani (2017) Pengembangan Macromedia Flash Insert Video Berbasis Inquiry Training Untuk Meningkatkan Generic Life Skill Aspek Kecakapan Berpikir Rasional dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sajad. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wardani-15708259017.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan media pembelajaran macromedia flash insert video berbasis inquiry training yang layak untuk pembelajaran pada materi “Pencemaran Lingkungan”, (2) mengetahui keefektifan produk yang dihasilkan untuk meningkatkan kecakapan berpikir dan kemandirian belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sajad. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall yang meliputi: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji coba terbatas, (5) revisi produk awal, (6) uji coba lapangan, dan (7) revisi uji coba lapangan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sajad. Subjek uji coba dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa kelas VII Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 83 siswa dengan rincian: (1) uji coba awal menggunakan siswa dari kelas VII A sejumlah 9 orang, dan (2) uji coba utama menggunakan 37 siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan 37 siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi kemandirian belajar siswa, soal uraian kecakapan berpikir rasional, dan angket respon siswa terhadap media. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif berdasarkan gain standard, serta analisis beda menggunakan One Way Manova. Hasil penelitian berupa produk media pembelajaran macromedia flash insert video berbasis inquiry training yang layak untuk pembelajaran IPA kelas VII pada materi pencemaran lingkungan, dengan kategori sangat baik menurut penilaian ahli dan praktisi. Produk yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan kecakapan berpikir rasional dan kemandirian belajar siswa SMP kelas VII

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: macromedia flash insert video, inquiry training, kecakapan berpikir rasional, kemandirian belajar siswa.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Oct 2017 03:16
Last Modified: 09 May 2019 08:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53411

Actions (login required)

View Item View Item