Efektivitas Pembelajaran Kolaboratif dengan Strategi Goal-Free Problems ditinjau dari Kemampuan Transfer, Reasoning, dan Cognitive Load

Maulidya, Sity Rahmy (2017) Efektivitas Pembelajaran Kolaboratif dengan Strategi Goal-Free Problems ditinjau dari Kemampuan Transfer, Reasoning, dan Cognitive Load. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sity-rahmy-maulidya-15709251044.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk menguji: (1) efektivitas pembelajaran dengan strategi goal-free problems dibandingkan pembelajaran dengan strategi goal-given problem ditinjau dari kemampuan transfer, reasoning, atau cognitive load; (2) efektivitas pembelajaran kolaboratif dibandingkan dengan pembelajaran individual ditinjau dari kemampuan transfer, reasoning, atau cognitive load; (3) interaksi antara strategi pembelajaran (goal-free problems atau goal-given) dengan seting pembelajaran (kolaboratif atau individu) ditinjau dari kemampuan transfer, reasoning, atau cognitive load. Eksperimen semu dilaksanakan menggunakan 2 (seting: kolaboratif vs. Individual) x 2 (strategi: goal-free vs. goal-given) factorial design; posttest-only control-group. Seluruh sampel penelitian mengikuti empat fase, yaitu fase pengantar, fase belajar, fase tes near transfer dan fase tes far transfer. Data skor near transfer, far transfer, dan reasoning diperoleh dari instrumen tes uraian, sedangkan data skor cognitive load diperoleh dengan skala likert 1-9. Penelitian ini melibatkan 114 siswa kelas X program MIA dari empat kelas di sebuah MA Negeri di Yogyakarta. Seluruh partisipan merupakan siswa yang belum mempelajari materi trigonometri I dan melaksanakan pembelajaran matematika dengan kurikulum yang sama dengan SMA/MA lainnya. Teknik analisis data menggunakan uji Univariate Analysis Of Variance (ANOVA) untuk menguji main effect dari setiap variabel terikat dan interaction effect dari kedua variabel bebas, dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil analisis data mendukung hipotesis bahwa siswa yang belajar dengan strategi goal-free problems memperoleh skor kemampuan near dan far transfer yang lebih baik secara signifikan dibandingkan siswa yang belajar dengan strategi goal-given problems. Meskipun demikian, siswa yang belajar dengan strategi goal-free mengalami cognitive load yang lebih tinggi pada fase tes near transfer, dan mengalami cognitive load yang rendah pada fase belajar dan fase tes far transfer. Pembelajaran melalui strategi goal-free juga terbukti efektif ditinjau dari kemampuan reasoning baik pada fase tes near maupun far transfer siswa dibandingkan pembelajaran melalui strategi goal-given. Pembelajaran kolaboratif efektif meminimalisir cognitive load selama fase belajar dan fase tes near transfer serta efektif memfasilitasi kemampuan near transfer daripada pembelajaran individual. Ditemukan interaction effect yang signifikan antara faktor seting pembelajaran dan strategi ditinjau dari kemampuan near transfer dan reasoning pada tes near transfer. Simple effect test menunjukkan bahwa interaksi signifikan terdapat pada strategi goal-given melalui seting pembelajaran kolaboratif ditinjau dari kemampuan near transfer dan reasoning pada fase tes near transfer; dan strategi goal-free melalui seting pembelajaran individu ditinjau dari kemampuan near transfer dan reasoning siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: goal-free problems, cognitive load, pembelajaran kolaboratif, matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Oct 2017 03:09
Last Modified: 09 May 2019 08:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53410

Actions (login required)

View Item View Item