PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MATA PELAJARAN KIMIA BAGI SISWA SMA/MA KELAS XTI SEMESTER 1 BERDASARKAN KURIKULUM 2004

Reni, Susiana Dewi (2010) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MATA PELAJARAN KIMIA BAGI SISWA SMA/MA KELAS XTI SEMESTER 1 BERDASARKAN KURIKULUM 2004. S1 thesis, UNY.

[img] Text
PENGEMBANGAN_LEMBAR_KERJA_SISWA_UNTUK_MATA_PELAJARAN_KIMIA_BAGI_SISWA_SMA.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan su.mber belajar di bidang Pendidikan Kimia. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan Lembar Kerja Siswa untuk mata pelalaran kimia (LKS-Kimia) bagi siswa SMAIMA kelas XII semester 1 berdasarkan Kurikulum 2004 serta untuk mengetahui kualitas LKS-Kimia yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian reviewer. Pengembangan LKS-:Kimia ini dibimbing cleh dosen pembimbing serta mendapat masukan-masukan dari peer reviewer dan ahli media. Instrumen penilaian untuk LKS-Kimia ini berupa angket yang berisi aspek dan kriteria tertentu. Penilaian dilakukan oleh guru bidang studi kimia SMA/MA kelas XII, meliputi 9 aspek penilaian (24 l-riteria) dan siswa SN4A/MA kelas XII, meliputi 4 aspek penilaian (S kriteria). Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman k_riteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas LKS¬Kimia. Hasil peneiitian ini berupa LKS-Kimia bagi siswa SMA/VIA kelas Xll semester 1 berdasarkan Kurikulum 2004. LKS-Kimia tersebut terdiri dari 5 materi pokok, yaitu Perhitungan Sifat Koligatif Larutan, Sifat Koligatif Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit, Reaksi Redoks dan Elektrokimia, Sel Elektrolisis, serta Korosi. Komponen LKS-Kimia yang dikembangkan terdiri dari judul, kompetensi, ringkasan materi, kegiatan siswa, info kimia, dan soal latihan. LKS-Kimia yang telah dikeir.bangkan mempunyai kualitas yang sangat baik (SB) menurut penilaiar. 5 guru bidang studi kimia SMAWA, keias XIl dengan skor 103,56; dan 10 siswa SMAIMA l:elas XII dengar. skor 33,25. Skor tersebui jika dinyatakan dalann persen;ase keidealan adalah 86,30% dan 83,15%, sehingga iayak digunakan sebagai sumber belajar penunjang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Jurusan Kimia
Date Deposited: 12 Sep 2012 15:05
Last Modified: 29 Jan 2019 16:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5341

Actions (login required)

View Item View Item