Permana, Natalis Sukma (2017) Pengembangan E-book Kepedulian Sosial sebagai Media Pendidikan Karakter di STKIP Widya Yuwana Madiun. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-natalis-sukma-permana-14707251033.swf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan e-book kepedulian sosial sebagai media pendidikan karakter di STKIP Widya Yuwana Madiun dan (2) mengetahui tingkat efektivitas e-book kepedulian sosial sebagai media pendidikan karakter di STKIP Widya Yuwana Madiun. Penelitian pengembangan ini mengadopsi tiga langkah model pengembangan yang diformulasikan oleh Borg & Gall, Dick, Carey & Carey, dan Allesi & Trollip. Langkah pengembangan dikelompokkan menjadi empat tahap, yaitu: a) studi pendahuluan, b) desain instruksional, c) pengembangan multimedia, d) dan evaluasi. Uji coba produk didesain melalui uji alpha oleh dua orang ahli media dan dua orang ahli materi serta uji beta oleh 9 orang mahasiswa. Setelah melalui uji beta dilanjutkan dengan tes uji sumatif yang melibatkan 31 orang mahasiswa. Uji sumatif dilaksanakan untuk mengetahui efektivitas e-book kepedulian sosial. pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara untuk analisis kebutuhan, angket untuk ahli media, angket untuk ahli materi, angket respons mahasiswa, tes hasil belajar berupa soal essay dan wawancara kepada dosen untuk mengetahui perubahan sikap setelah proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif. Hasil penelitian pengembangan ini berupa e-book kepedulian sosial yang dikemas dalam bentuk DVD beserta buku petunjuk penggunaan. Produk e-book kepedulian sosial terdiri atas beberapa komponen yaitu: (1) halaman sampul (cover), (2) halaman identitas buku, (3) kata pengantar, (4) daftar isi, (5) informasi sasaran pengguna dan mata kuliah, (6) peta pembelajaran, (7) sub-cover pada masing-masing topik, (8) materi terdiri atas 4 topik yaitu: memaknai karakter, kepedulian sosial, kepedulian sosial menurut ajaran Gereja, implementasi kepedulian sosial, (9) rangkuman, (10) soal evaluasi/tugas, (11) daftar referensi, dan (12) identitas pengembang. E-book Kepedulian sosial dinilai sangat layak berdasarkan hasil penilaian uji alpha dengan perolehan skor kelayakan 3,70 dari ahli media dan perolehan skor 3,60 dari ahli materi. Berdasarkan hasil kelayakan pada uji beta diperoleh skor 3,41 dengan kriteria sangat layak. Keefektifan e-book kepedulian sosial dari segi kognitif dibuktikan dengan perolehan nilai pada saat pretest dan posttest. Perolehan rerata skor pada saat pretest 51,09 dan meningkat pada saat posttest 81,77, sedangkan keefektifan dari aspek sikap ditunjukkan dengan adanya kegiatan aksi kepedulian sosial secara nyata dan keterlibatan aktif mahasiswa STKIP Widya Yuwana Madiun
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-book, Kepedulian Sosial, Media Pendidikan Karakter |
Subjects: | Pendidikan > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 19 Oct 2017 02:47 |
Last Modified: | 09 May 2019 08:16 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53408 |
Actions (login required)
View Item |