MENINGKATKAN NILAI KEJUJURAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BUKU CERITA UNTUK SISWA TPA AL-KAHFI DESA KALIJERUK KABUPATEN CILACAP

Inggarnidha, Fandika (2017) MENINGKATKAN NILAI KEJUJURAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BUKU CERITA UNTUK SISWA TPA AL-KAHFI DESA KALIJERUK KABUPATEN CILACAP. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
FANDIKA INGGARNIDHA_10105244005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai kejujuran dengan menggunakan media buku cerita untuk siswa Tempat Pembelajaran Al-Qur’an (TPA) Al-Kahfi Desa Kalijeruk Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek penelitian adalah siswa TPA Al-Kahfi, Desa Kalijeruk, Kabupaten Cilacap sebanyak 20 siswa yang terdiri dari siswa laki- laki sebanyak 8 siswa dan siswa perempuan sebanyak 12 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan media buku cerita meliputi tiga kegiatan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Kegiatan awal yaitu memperkenalkan media buku cerita, kegiatan inti yaitu pelaksanaan pembelajaran menggunakan media buku cerita tentang kejujuran, dan kegiatan akhir yaitu kegiatan dimana guru mengevaluasi jalannya pembelajaran menggunakan media buku cerita tentang kejujuran. Hal tersebut ditunjukkan dari terjadinya peningkatan rata-rata pada keadaan awal siswa sebesar 68,02, pada siklus I sebesar 76,35, dan pada siklus II sebesar 86,67. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam meningkatkan nilai kejujuran siswa TPA Al-Kahfi Desa Kalijeruk Kabupaten Cilacap dapat dilakukan dengan menggunakan media buku cerita tentang kejujuran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Nilai Kejujuran, Media Buku Cerita, Siswa TPA Al-Kahfi
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Oct 2017 01:53
Last Modified: 30 Jan 2019 15:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53406

Actions (login required)

View Item View Item