EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PEMBELAJAR MODA KOMBINASI JENJANG SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN KLATEN YANG DISELENGGARAKAN OLEH PPPPTK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA

Handaru, Calista Devi (2017) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PEMBELAJAR MODA KOMBINASI JENJANG SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN KLATEN YANG DISELENGGARAKAN OLEH PPPPTK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
CalistaDeviHandaru_13105241034 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan program peningkatan kompetensi guru pembelajar moda kombinasi jenjang SD di Kabupaten Klaten melalui empat komponen, yaitu: 1) Komponen konteks 2) Komponen masukan 3) Komponen proses dan 4) Komponen hasil. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu dua penyelenggara program, dua instruktur program dan empat peserta program menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukan bahwa: evaluasi pelaksanaan program peningkatan kompetensi guru pembelajar moda kombinasi jenjang SD di Kabupaten Klaten 1) Aspek kontesk, yaitu latar belakang adalah merealisasikan kebutuhan tentang pembinaan dan pengembangan profesi guru dan tujuan program yaitu untuk meningkatkan kompetensi guru serta meningkatkan nilai UKG guru yang berada di bawah 5,5. 2) Aspek masukan, yaitu kompetensi instruktur telah kompeten. Kompetensi peserta, telah bagus, namun kemampuan teknologi informasi sangat kurang. Kurikulum, program telah relevan dengan kebutuhan peserta program. Sarana prasarana telah memenuhi kebutuhan program. Data informasi cukup lengkap, namun untuk kejelasan informasi masih kurang. 3) Aspek proses yang meliputi strategi pelaksanaan menggunakan blanded learning kemudian kinerja instruktur telah baik sesuai standar yang ditetapkan. Aktivitas peserta, mengalami kesulitan dari segi teknologi informasi. Penjadwalan tidak sesuai dengan tanggal yang ditetapkan. Evaluasi pembelajaran sudah dirancang masih tidaksesuai antara materi dengan soal tes. 4) Aspek produk yaitu dampak yang ditimbulkan dari program adalah adanya peningkatan skor UKG peserta dan ilmu pengetahuan teknologi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, program, guru pembelajar
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Oct 2017 01:54
Last Modified: 30 Jan 2019 15:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53405

Actions (login required)

View Item View Item