PERBEDAAN PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA DAN METODE EXSPOSITORY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SD KECAMATAN WUNGU KABUPATEN MADIUN

Susilo, Thobing (2017) PERBEDAAN PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA DAN METODE EXSPOSITORY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SD KECAMATAN WUNGU KABUPATEN MADIUN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Thobing Susilo_10105244001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh belum adanya penggunaan metode pembelajaran yang dianggap tepat untuk mengatasi kesulitan siswa kelas III SD di Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan metode jarimatika dan metode exspository terhadap prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa kelas III SD di Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pretest posttest control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas III SD Kecamatan Wungu di Kabupaten Madiun. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah sebanyak 19 siswa SDN Mojopurno 1 sebagai kelas eksperimen dan sebanyak 19 siswa di SD N Bantengan 1 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Independent T Test. Hasil penelitian diketahui bahwa terdapat perbedaan penggunaan metode jarimatika dan metode exspository terhadap prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa kelas III SD di Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (6,376>2,028) dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Hasil analisis data pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata postest lebih besar dari pada nilai rata-rata pretest (80,26>59,47); dan pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata postest lebih besar dari pada nilai rata-rata pretest (67,63>59,74). Artinya, nilai rata-rata pada kelas yang diberikan perlakuan dengan metode jarimatika memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang diberikan perlakuan dengan metode exspository.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode jarimatika, metode exspository, prestasi belajar, dan matematika
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Oct 2017 02:11
Last Modified: 30 Jan 2019 15:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53402

Actions (login required)

View Item View Item