EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU HURUF JEPANG PADA PELAJARAN BAHASA JEPANG TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MAGELANG

Kusuma, Willy (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU HURUF JEPANG PADA PELAJARAN BAHASA JEPANG TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Willy Kusuma_10105241022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran Kartu Huruf Jepang pada pelajaran bahasa jepang terhadap penguasaan kosakata bahasa jepang siswa kelas X SMA Negeri 4 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-1 dan X-2 SMA N 4 Magelang yang masing- masing kelas berjumlah 26 siswa. Kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan instrumen penelitian yang digunakan berupa tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik uji-t (t-test). Dari hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran Kartu Huruf Jepang lebih efektif dari pembelajaran konvensional. Hal tersebut ditunjukkan dari analisis data hasil belajar siswa dengan T hitung 1,265 lebih besar dari T tabel 0,190 pada derajat bebas (df) 50 dan taraf signifikansi 0,012 lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kartu Huruf Jepang, kosakata, bahasa Jepang, kelas X
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Oct 2017 01:46
Last Modified: 30 Jan 2019 15:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53401

Actions (login required)

View Item View Item