Kusuma, Willy (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU HURUF JEPANG PADA PELAJARAN BAHASA JEPANG TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
Willy Kusuma_10105241022.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran Kartu Huruf Jepang pada pelajaran bahasa jepang terhadap penguasaan kosakata bahasa jepang siswa kelas X SMA Negeri 4 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-1 dan X-2 SMA N 4 Magelang yang masing- masing kelas berjumlah 26 siswa. Kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan instrumen penelitian yang digunakan berupa tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik uji-t (t-test). Dari hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran Kartu Huruf Jepang lebih efektif dari pembelajaran konvensional. Hal tersebut ditunjukkan dari analisis data hasil belajar siswa dengan T hitung 1,265 lebih besar dari T tabel 0,190 pada derajat bebas (df) 50 dan taraf signifikansi 0,012 lebih kecil dari 0,05.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kartu Huruf Jepang, kosakata, bahasa Jepang, kelas X |
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | admin teknologi pendidikan fip |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 01:46 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:24 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53401 |
Actions (login required)
View Item |