LITERASI MEDIA TELEVISI DI KALANGAN ORANG TUA DI PADUKUHAN SANGGRAHAN, CONDONGCATUR, DEPOK, SLEMAN

Khoiri, Muhibbul (2017) LITERASI MEDIA TELEVISI DI KALANGAN ORANG TUA DI PADUKUHAN SANGGRAHAN, CONDONGCATUR, DEPOK, SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Muhibbul Khoiri_13105241028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi media televisi di kalangan orang tua dan faktor-faktor yang mempengaruhi literasi media televisi di kalangan orang tua di Padukuhan Sanggrahan, Condongcatur, Depok, Sleman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di Padukuhan Sanggrahan, Caturtunggal, Depok, Sleman. Pengambilan sampel dengan purposive sampling. Subjek penelitian 4 informan yang mempunyai anak usia 2-5 tahun dan kepala Padukuhan Sanggrahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif Milles & Hubberman, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi media orang tua dalam penelitian ini dapat dikategorikan sebagai literasi media tingkat dasar. Orang tua yang tergolong dalam kategori penonton berat dengan frekuensi menonton antara 2-5 jam dalam sehari dan didominasi untuk tujuan hiburan. Kemampuan orang tua dalam menganalisis informasi secara kritis masih terbatas. Pendampingan yang dilakukan orang tua kepada anak dalam menonton televisi dilakukan dengan cara, 1) menjelaskan tayangan yang ada sambil mendampingi ketika menonton, 2) meminta anak mengganti ke siaran yang lain apabila ada tayangan yang kurang pantas, 3) meletakkan televisi di tempat yang mudah untuk melakukan pengawasan, 4) melakukan pembatasan menonton televisi. Faktor pendukung literasi orang tua, yaitu adanya dukungan keluarga dan adanya jam belajar masyarakat. Sementara faktor penghambat adalah kesibukan orang tua sehingga pendampingan tidak konsisten dan kurangnya pengetahuan tentang literasi media.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: literasi media, televisi, pendampingan anak
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Oct 2017 01:45
Last Modified: 30 Jan 2019 15:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53399

Actions (login required)

View Item View Item