PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR, KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS III SD NEGERI PERCOBAAN 2, YOGYAKARTA

Akbar, Withira Hadi (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR, KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS III SD NEGERI PERCOBAAN 2, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Withira Hadi Akbar_11105241010.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitan pengembangan multimedia pembelajarann ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Matematika materi Bangun Datar yang layak digunakan untuk siswa di kelas III semester 2 Sekolah Dasar sebagai salah satu sumber belajar dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan versi Borg & Gall. Langkah yang ditempuh dalam penelitian pengembangan ini yaitu: 1) penelitian awal dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan pengembangan, 3) pengembangan bentuk awal produk, 4) uji coba produk awal, 5) revisi produk uji coba awal, 6) uji coba lapangan, 7) revisi produk uji coba lapangan, 8) uji pelaksanaan lapangan, dan 9) revisi produk akhir. Subjek uji coba sebanyak 58 peserta didik kelas III SD Negeri Percobaan 2 Yogyakarta diuji cobakan sebanyak 3 tahap. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman instrumen wawancara, angket, dokumentasi, dan observasi. Kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli materi, ahli media, dan siswa sebagai pengguna. Data hasil angket ahli dan peserta didik dianalisis dalam skala lima. Hasil penilaian produk oleh ahli materi mendapat skor 4,6 dengan kategori sangat baik, hasil penilaian produk oleh ahli media mendapat skor 4,36 dengan kategori sangat baik, dan hasil uji pelaksanaan lapangan mendapat skor 4,38 dengan kategori sangat baik. Maka dari itu dapat disimpulkan multimedia pembelajaran matematika yang dihasilkan telah dinyatakan “Layak” sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas III SD Negeri Percobaan 2 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: : Multimedia Pembelajaran Matematika, Bangun Datar, Siswa Kelas III Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Oct 2017 01:45
Last Modified: 30 Jan 2019 15:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53398

Actions (login required)

View Item View Item