PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SISTEM TATA SURYA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VI DI SD NEGERI PUREN SLEMAN YOGYAKARTA

Utomo, Erwin Setyo (2017) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SISTEM TATA SURYA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VI DI SD NEGERI PUREN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
ERWIN SETYO UTOMO_10105241031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa menggunakan multimedia pembelajaran Sistem Tata Surya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI di SD Negeri Puren Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VI di SD Negeri Puren Sleman Yogyakarta sebanyak 30 siswa yang terdiri dari siswa laki-laki sebanyak 19 siswa dan siswa perempuan sebanyak 11 siswa. Penelitian terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pra siklus terdiri atas 2 pertemuan, siklus pertama terdiri atas 2 pertemuan, dan siklus kedua terdiri atas 2 pertemuan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes tertulis. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI di SD Negeri Puren Sleman Yogyakarta dapat menggunakan multimedia pembelajaran Sistem Tata Surya. Hal tersebut ditunjukkan dari terjadinya peningkatan ketuntasan belajar siswa pada keadaan awal siswa sebanyak 23,33%, pada siklus I sebesar 66,67%, dan pada siklus II sebesar 100,00%. Perencanaan perbaikan pada siklus II yaitu (1) pada saat menjelaskan materi pembelajaran di kelas guru tidak membawa dan menggunakan buku panduan yang di gunakan dalam mengajar setiap harinya, (2) guru mengajar secara berkeliling supaya dapat mengawasi siswa sehingga tidak ada siswa yang masih terlihat mengobrol dan terlihat bermalas-malasan dalam mengikuti pembelajaran, dan (3) guru menunjuk siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan guru dalam rangka melatihkan keberanian serta kepercayaan diri dalam proses pembelajaran di kelas. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II diperoleh capaian nilai rata-rata pada pra siklus ke siklus I memiliki nilai mean sebesar 69,00; Capaian nilai rata-rata pada pra siklus ke siklus II memiliki nilai mean sebesar 77,33; dan capaian nilai rata-rata pada siklus I ke siklus II memiliki nilai mean sebesar 86,67.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, multimedia pembelajaran sistem tata surya, IPA
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Oct 2017 01:41
Last Modified: 30 Jan 2019 15:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53397

Actions (login required)

View Item View Item