PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PENDIDIKAN SEKS GUNA MENCEGAH KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK KELOMPOK B DI TK TUNAS RIMBA PURWOKERTO

Palupi, Pradipta Dyah (2017) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PENDIDIKAN SEKS GUNA MENCEGAH KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK KELOMPOK B DI TK TUNAS RIMBA PURWOKERTO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
PRADIPTA DYAH PALUPI_11105244002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi yang layak untuk memfasilitasi pendidikan seks anak kelompok B di TK Tunas Rimba Purwokerto. Selain mengembangkan video animasi, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk media video animasi pendidikan seks untuk anak usia dini. Model dalam penelitian pengembangan video ini menggunakan model Sugiyono mengadaptasi model penelitian pengembangan dari Borg & Gall. Tahapan dalam penelitian ini meliputi analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk dengan ahli materi dan ahli media, revisi produk I, uji coba produk, revisi produk II, dan uji coba pemakaian. Subjek uji coba penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Tunas Rimba Purwokerto. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan angket. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu dihasilkan bahan ajar video animasi pendidikan seks untuk anak usia dini yang layak dengan pokok bahasan anatomi tubuh, perbedaan tubuh perempuan dan laki-laki, siapa yang boleh menyentuh tubuh anak dan alasanya, siapa orang yang dapat dipercaya dan yang tidak, dan cara menjaga diri apabila ada orang yang berlaku tidak seperti yang seharusnya. Bahan ajar video animasi layak karena memenuhi kriteria kelayakan dari aspek media dan materi. Respon guru terhadap bahan ajar berdasarkan hasil uji coba kepada siswa yaitu pada uji coba produk memperoleh skor rata-rata 4,5 kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Video Animasi Pendidikan Seks, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Oct 2017 01:37
Last Modified: 30 Jan 2019 15:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53396

Actions (login required)

View Item View Item