Komparasi Keefektifan Pembelajaran IPA Terintegrasi Potensi Lokal Minyak Atsiri Daun Cengkeh dalam Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Curiosity Antara Peserta Didik Kelas VII SMP N 3 Ngaglik dengan SMP PIRI Ngaglik.

Susanti, Susanti (2017) Komparasi Keefektifan Pembelajaran IPA Terintegrasi Potensi Lokal Minyak Atsiri Daun Cengkeh dalam Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Curiosity Antara Peserta Didik Kelas VII SMP N 3 Ngaglik dengan SMP PIRI Ngaglik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-susanti-15708251027.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) keefektifan pembelajaran IPA terintegrasi potensi lokal minyak atsiri daun cengkeh dalam meningkatkan keterampilan generik sains peserta didik, (2) keefektifan pembelajaran IPA terintegrasi potensi lokal minyak atsiri daun cengkeh dalam meningkatkan curiosity peserta didik, dan (3) perbandingan keefektifan pembelajaran IPA terintegrasi potensi lokal minyak atsiri daun cengkeh kelas VII SMP N 3 Ngaglik dengan SMP PIRI Ngaglik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent (pretest and posttest) group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 3 Ngaglik dan SMP PIRI Ngaglik pada tahun ajaran 2016/2017. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VII A pada SMP Negeri 3 Ngaglik dan VII B pada SMP PIRI Ngaglik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Tes digunakan untuk mengukur keterampilan generik sains sebelum dan sesudah perlakuan, sedangkan non tes berupa angket dan lembar observasi digunakan untuk mengukur curiosity peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini merupakan hasil pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis potensi lokal minyak atsiri daun cengkeh oleh Yulia Haeppi yang telah terbukti valid secara empiris. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent samples t-test,dan pair sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran IPA terintegrasi potensi lokal minyak atsiri daun cengkeh efektif meningkatkan keterampilan generik sains peserta didik dengan nilai signifikansi 0,000, (2) pembelajaran IPA terintegrasi potensi lokal minyak atsiri daun cengkeh efektif meningkatkan curiosity peserta didik dengan nilai signifikansi 0,000, dan (3) pembelajaran IPA terintegrasi potensi lokal minyak atsiri daun cengkeh lebih efektif diterapkan di SMP N 3 Ngaglik daripada SMP PIRI Ngaglik dengan nilai signifikansi 0,000.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran IPA, potensi lokal, keterampilan generik sains, curiosity
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Oct 2017 01:50
Last Modified: 09 May 2019 08:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53394

Actions (login required)

View Item View Item