Manajemen Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah Nawawit School Daerah Khokpho Provinsi Pattani (Thailand Selatan)

Samae, Sulaiman (2017) Manajemen Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah Nawawit School Daerah Khokpho Provinsi Pattani (Thailand Selatan). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sulaiman-samae-15703259005.swf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bagaimana gambaran kondisi pelaksanaan manajemen kepala sekolah dalam melaksanakan fungsinya untuk meningkatkan mutu sekolah, 2) untuk mengetahui bagaimana prestasi sekolah dapat dicapai, dan 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan Faktor penghambat manajemen kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di Sekolah Nawawit School Daerah Khokpho Provinsi Pattani (Thailand Selatan) Pada bulan Februari – April 2017. Subjek penelitian adalah ; Kepala Sekolah dan guru Sekolah Nawawit School Daerah Khokpho Provinsi Pattani (Thailand Selatan). Sedangkan informannya adalah : Wakil Kepala Sekolah, Karyawan Sekolah Nawawit School Daerah Khokpho Provinsi Pattanni (Thailand Selatan).Teknik pengambilan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Keabsahan data menggunakan tehnik trianggulasi metode dan sumber. Analisis data menggunakan teknik model analisis interatif terdiri; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian tentang manajemen kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Nawawit School Daerah Khokpho Provinsi Pattani (Thailand Selatan) yaitu :(a) upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan, kepala sekolah menerapkan manajemen berbasis sekolah dan mengimplementasikan Penerapan model Sekolah mandiri, (b) pengembangan professional yaitu dengan menyususn program kegiatan pembelajaran, pelaksanaan kegiatan pembelajaran, monitoring pelaksanaan pembelajaran, evaluasi kegiatan pembelajaran, dan (c) faktor pendukung manajemen kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan yaitu input siswa yang bermutu, guru-guru professional dengan kualifikasi akademik S1, sarana prasarana yang lengkap, kelas unggulan, dan lingkungan yang kondusif untuk proses belajar mengajar. Faktor penghambat manajemen kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan yaitu kemauan guru untuk melanjutkan studi S2 masih rendah

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen kepala sekolah.peningkatan mutu, pengembangan professional dan motivasi kerja.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Oct 2017 02:37
Last Modified: 09 May 2019 08:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53384

Actions (login required)

View Item View Item