Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Android Materi Sistem Bahan Bakar SMK Kelas XI serta Efektivitas Penerapannya

Saputra, Firdaus Doni (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Android Materi Sistem Bahan Bakar SMK Kelas XI serta Efektivitas Penerapannya. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-firdaus-doni-saputra-15702251010.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan media pembelajaran berbantuan android materi sistem bahan bakar untuk peserta didik SMK kelas XI program keahlian teknik kendaraan ringan (TKR), 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbantuan android yang dikembangkan, 3) Mengetahui efektivitas penerapan media pembelajaran berbantuan android materi sistem bahan bakar. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Developmemt, Implementation, and Evaluation) yang dikembangkan oleh Branch. Tahap penelitian meliputi: 1) pengembangan media pembelajaran berbantuan android materi sistem bahan bakar, 2) pengujian kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan, 3) pengujian efektivitas penerapan media pembelajaran berbantuan android materi sistem bahan bakar. Tahap 1): (1) pra-survey, (2) penyusunan instrumen penelitian, (3) validasi instrumen penelitian, (4) perbaikan instrumen penelitian, (5) pembuatan media pembelajaran, (6) validasi media, (7) uji coba media, (8) analisis data. Tahap 2) uji kelayakan media berdasarkan pelilaian ahli. Tahap 3) uji efektivitas penerapan media pembelajaran berbantuan android materi sistem bahan bakar. Penelitian ini dilakukan di tiga SMK Yogyakarta, antara lain SMK N 2 Depok, SMK N 1 Cangkringan dan SMK Muhammadiyah 1 Sleman yang melibatkan 196 peserta didik. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) (a) instrumen penelitian yang dikembangkan secara keseluruhan memiliki nilai indeks V Aiken sebesar 0,81, meliputi angket efektivitas sebesar 0,88, silabus sebesar 0,85, RPP sebesar 0,80, soal pretes postes sebesar 0,88 dan materi sebesar 0,82. Nilai indeks V Aiken keseluruhan instrumen yang dikembangkan dikatakan valid karena berada pada rentang 0,37 sampai 1,00. (b) hasil gain score dapat dikategorikan sedang karena gain score ada pada rentang 0,3 sampai 0,7. (c) Data hasil nilai belajar dalam kategori homogen karena memiliki nilai kurang dari 0,05 (Sig. > 0,05). (d) Hasil uji Independent Sample t Test menunjukkan hasil t_hitung < t_tabel dan Sig. (2-tailed) > 0,05 dengan kesimpulan tidak ada pengaruh antara pretes kelas kontrol dengan pretes kelas eksperimen. (e) Hasil uji Paired Sample t Test menunjukkan hasil t_hitung> t_tabel dan Sig. (2-tailed) < 0,05 dengan kesimpulan adanya pengaruh dalam penggunaan media pembelajaran berbantuan android. 2) uji kelayakan media pembelajaran sistem bahan bakar berbantuan android yang dikembangkan dinyatakan baik karena memiliki skor rata-rata keseluruhan 3.31, sehingga media yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan penelitian. 3) uji efektivitas menunjukkan presentase kefektifan media sebesar 75,22% dengan kriteria efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Android, Sistem Bahan Bakar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Oct 2017 02:10
Last Modified: 09 May 2019 08:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53381

Actions (login required)

View Item View Item