Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru PAUD Di TK Kabupaten Sumba Barat Daya Kecamatan Kota Tambolaka dan Kecamatan Laura-NTT

Haingu, Rahel Maga (2017) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru PAUD Di TK Kabupaten Sumba Barat Daya Kecamatan Kota Tambolaka dan Kecamatan Laura-NTT. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rahel-maga-haingu-15717251037.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru PAUD di TK Kabupaten Sumba Barat Daya Kecamatan Kota Tambolaka Dan Kecamatan Laura. Adapun faktor-faktor tersebut adalah motivasi kerja, lingkungan kerja dan kepuasan kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode pengumpulan data dengan menggunakan angket, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa kuesioner. Uji validitasnya menggunakan analisis korelasi produk moment, sedangkan uji reliabilitas dengan metode Alpha-Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi parsial dan ganda. Populasi dalam penelitian berjumlah 51 orang guru PAUD di TK kabupaten Sumba Barat Daya kecamatan Kota Tambolaka dan kecamatan Laura. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan faktor motivasi kerja terhadap kinerja guru PAUD di TK sesuai dengan koefisien regresi sebesar 0,633 yang bernilai positif. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan faktor lingkungan kerja terhadap kinerja guru PAUD di TK sesuai dengan koefisien regresi sebesar 0,303 yang benilai positif. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan faktor kepuasan kerja terhadap kinerja guru PAUD di TK sesuai dengan koefisien regresi sebesar 0,888 yang benilai positif. (4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama faktor motivasi kerja, lingkungan kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru sesuai dengan regresi ganda sebesar 0,525 dan F hitung 17.349 lebih besar dari f tabel 2.802. Dengan demikian arah koefisien regresinya adalah bernilai positif. Oleh karena itu, semakin bertambah nilai motivasi kerja (X1) lingkungan kerja (X2), dan kepuasan kerja (X3) maka nilai dari variabel kinerja guru (Y) akan semakin bertambah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kinerja guru paud, motivasi kerja, lingkungan kerja dan kepuasan kerja
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Oct 2017 01:59
Last Modified: 09 May 2019 08:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53380

Actions (login required)

View Item View Item