Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inquiry Training untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Visual dan Matematis Peserta Didik SMA

Nona, Maria Magdalena (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inquiry Training untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Visual dan Matematis Peserta Didik SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-maria-magdalena-nona-15726251016.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran fisika model inquiry training yang layak untuk meningkatkan kemampuan representasi visual dan matematis peserta didik SMA, dan (2) menguji keefektifan perangkat pembelajaran fisika model inquiry training dalam meningkatkan kemampuan representasi visual dan matematis peserta didik SMA. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode R & D dengan model 4D yang meliputi tahap (1) define (analisis kebutuhan pembelajaan), (2) design (perancangan draft produk), (3) develop (penilaian ahli dan guru, uji coba produk, revisi produk), dan (4) disseminate (penyebarluasan produk akhir). Produk perangkat pembelajaran fisika model inquiry training yang dikembangkan ini terdiri dari silabus, RPP, handout, LKPD. Subjek uji coba terbatas adalah 30 peserta didik kelas XI IPA 4 SMAN 11 Yogyakarta. Subjek uji coba lapangan pada kelas eksperimen sebanyak 32 peserta didik kelas X IPA 1 SMAN 11 Yogyakarta dan pada kelas kontrol sebanyak 32 peserta didik kelas X IPA 2 SMAN 11 Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar penilaian perangkat pembelajaran, lember observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar penilaian kemampuan representasi visual dan matematis, dan angket respon peserta didik terhadap perangkat pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis N-Gain, uji statistik multivariat Hotelling”s T2 dan analisis General Linear Model Mixed Design (GLMMDs). Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan perangkat pembelajaran fisika model inquiry training yang: (1) layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan representasi visual dan matematis dengan kategori sangat baik berdasarkan penilaian ahli dan guru serta respon peserta didik, (2) efektif untuk meningkatkan kemampuan representsi visual dan matematis secara signifikan berdasarkan hasil analisis GLMMDs dengan nilai mean difference (MD) atau profile plots yang lebih tinggi daripada model direct instruction

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran model inquiry training, kemampuan representasi visual, kemampuan representasi matematis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Oct 2017 01:42
Last Modified: 09 May 2019 08:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53378

Actions (login required)

View Item View Item